Resensi buku berjudul Quick dan Easy Resep Snack MPASI Cegah Stunting

Judul Koleksi     : Quick & Easy Resep Snack MPASI Cegah Stunting

Penulis              : dr. Margaret Mutiaratirta Sugondo, Florence Sukmawati Jaya

Editor                 : Yudho Asmoro, Intarina Hardiman

Penerbit             : Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit       : 2024

Cetakan              : 1

Jumlah Halaman : 95 halaman

ISBN                    : 978-602-06-7577-0

ISBN Digital         : 978-602-06-7578-7

 

 A. Sinopsis

Di zaman yang serba sibuk ini para orang tua kebanyakan memberikan menu praktis dan cepat saji bagi putra-putri mereka terutama dalam hal pemberian snack. Padahal jika para orang tua menyadarinya justru snack merupakan makan pendukung yang sangat penting diperoleh oleh sang anak saat nutrisi dari makan utamanya tidak terpenuhi.

Memasuki usia satu tahun para orang tua akan dibuat binggung dengan pola makan si anak yang turun naik, oleh karena itu para orang tua harus memiliki cukup pengetahuan tentang pentingnya nutrisi di awal masa kehidupan ini. Salah pengetahuan akan berakibat fatal bagi sang anak dan tidak tertutup kemungkinan bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti stunting dan obesitas.

Buku ini menyajikan berbagai tips dan ide-ide kreatif bagi para orang tua terutama saat menghadapi masa awal kehidupan ini dengan berbagai menu-menu menarik yang sangat disukai oleh para balita. Tidak bisa dipungkiri pada usia 1 tahun ini anak-anak memang lebih senang mengkonsumsi snack dari pada makanan utamanya.

B. Biografi Penulis

  1. Dr Margaret Mutiaratirta Sugondo, merupakan ibu dari 2 orang anak. Perempuan yang sangat bersemangat mengedukasi para keluarga di Indonesia di bidang laktasi dan MPASI. Penulis berprofesi sebagai konsultan laktasi dan MPASI di RSPI Puri Indah, RS Grha Kedoya dan Lactadoc. Melalui pengalaman sendiri dalam pengasuhan anak mulai dari saat menyusui sampai masalah pemberikan MPASI membuat penulis mencari berbagai ilmu dan informasi baik melalui pelatihan, seminar dan workshop baik berskala nasional maupun internasional sehingga menghadirkan buku ini ketangan para pembaca.
  2. Florence Sukmawati Jaya, menempuh Pendidikan sebagai Professional Chef di AT-Sunrice, Singapore dan professional pastry chef di ENSP ini memulai karirnya sebagai pastry chef, pengajar serta F&B Consultant. Sebagai seorang chef, Flo sering bereksperimen tentang berbagai menu masakan bagi balita dan hal ini sangat disukai oleh anaknya. Dari pengalamannya sang anak akan sangat bersemangat ketika snack time, sehingga chef Flo tertarik untuk berbagai dengan para pembaca semua terkait menu yang sangat disukai anak saat snack time.

C. Kelemahan buku

Alur yang digunakan dalam penyampaian bahan bacaan agak sedikit membingungkan pembaca karena di awali dengan Question and Answer lalu tiba-tiba di halaman 11 pada buku dibahas teori tentang snack menurut who dilanjutkan dengan pembahasan tekait snack bagi balita sehingga terkesan kurang sistematis dan membingungkan. Tidak seperti buku yang ditulis oleh Quick & Easy Resep Snack MPASI Cegah Stunting yang mudah dibaca dan difahami karena dijelaskan secara sistematis.

D. Kelebihan buku

Buku ini membahas tentang bagaimana resep-resep yang disajikan dan diolah dengan sangat menarik bisa memberikan wawasan bagi para orang tua untuk mencegah terjadinya stunting dan obesitas pada usia dini. Buku ini juga dilengkapi dengan menu-menu praktis yang bisa dipraktekkan oleh ayah dan bunda dengan sangat mudah. Para pembaca tidak perlu ragu lagi untuk segera mendapatkan buku yang sungguh luar biasa ini karena disajikan dengan sangat menarik dan lengkap.

E. Kesimpulan  

Melalui buku yang ditulis oleh dr. Margaret Mutiaratirta Sugondo dan Florence Sukmawati Jaya ini secara pribadi saya banyak mendapatkan banya wawasan dan tambahan ilmu dalam hal pemberian snack bagi anak balita saya. Sesibuk apapun pekerjaan kita sebagai orang tua peran dan pendampingan kita bagi anak terutama pada 1000 Hari Pertama Kehidupan anak sangat penting dan hal ini yang akan menjadi fondasi pembentukan kecerdasan anak selanjutnya. Periode ini merupakan periode kritis dimana otak anak sedang bertumbuh dan berkembang dengan sangat pesat yaitu 25% di dalam kandungan dan 80% ketika anak mencapai usia 2 tahun. Oleh karena itu jangan sampai menyesal dikemudian hari karena masa anak tidak akan kembali, manfaatkan dengan sebaik-baiknya masa yang anda miliki dengan buah hati.

F. Saran

Berdasarkan hasil pembacaan saya terhadap buku ini disarankan kepada penulis agar ada kalimat atau instruksi antara satu bahasan dengan bahasan selanjutnya sehingga pembaca juga bisa mengikuti alur dengan nyaman dan santai tanpa harus membolak balik bukunya ke awal.

Sharing :    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
4 Online
302 Visitor Today
347 Visitor Yesterday
272785 All Visitor
1000786 Total Hits
34.204.198.73 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Sekretariat dan Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00