Pembukaan Rumah Pustaka Buku Balega di Padang

Rumah Pustaka Buku Balega menjadi identitas kecerdasan yang lahir dan tumbuh di ranah Minang. Rumah Pustaka Buku Balega adalah gerakan nyata untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Dimana dengan membaca diharapkan masyarakat cerdas dalam kehidupannya bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Rumah Pustaka Buku Balega juga bagian dari semangat literasi dan Gerakan Pemsyarakatan Minat Baca (GPMB) yang sedang digalakkan pemerintah saat ini. Rumah Pustaka Buku Balega yang berada di Pustaka Rumah anjuang Kelurahan Tanah Sirah Piai Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung. yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat, Drs. Alwis beserta Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Wardarusmen, SE,MM pada tanggal 29 April 2019.

Sedikit catatan dari Buku Balega ini pada Rumah Pustaka, walaupun kecil tapi makna cukup dalam. Seperti, buku tidak kita serahkan langsung ke tangan warga tapi kita gantungkan pada paku yg disediakan. Cara ini semata-mata bertujuan untuk menimbulkan kembali sikap, rasa, dan motivasi orang pribadi warga utk sama-sama menjaga buku ini sebagai amanat untuk mencerdaskan bangsa. Kita berikan kepercayaan kepada warga bahwa itu semua milik mereka. Dan juga sekaligus mendisiplinkan warga bahwa setiap tanggal 1 dan 15 buku sdh digantungkan pada tempatnya.

Seperti disampaikan Ketum GPMB, jangan takut kalau bukunya rusak atau hilang, akan kita ganti kembali, kita buat berita acaranya, jangan beri mereka beban materil. Mari sama-sama kita kawal ini Rumah Pustaka Buku Balega menjadi identitas kecerdasan yang lahir dan tumbuh di ranah Minang ini.
Salam Literasi, Salam Pustaka

Sharing :    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
4 Online
44 Visitor Today
236 Visitor Yesterday
244389 All Visitor
917795 Total Hits
54.227.136.157 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Sekretariat dan Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00