Aplikasi SRIKANDI : Inovasi Menuju Era Digital yang hemat kertas

 

Aplikasi SRIKANDI : Inovasi Menuju Era Digital yang hemat kertas

 

Sebuah langkah strategis telah diupayakan dalam pemanfaatan teknologi di bidang kearsipan dengan peluncuran aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI). Sebuah aplikasi inovatif yang dibuat bertujuan untuk kemudahan akses dokumen serta mewujudkan birokrasi yang paperless. Dikembangkan berkat kolaborasi antara Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta Kementerian PAN RB.

 

 Aplikasi Srikandi hadir sebagai wadah inovatif yang menyediakan solusi bagi para ASN dalam menjalankan pekerjaan. Fitur unggulan dari aplikasi Srikandi adalah registrasi surat keluar, registrasi surat masuk, serta disposisi surat masuk. Selain itu, aplikasi Srikandi juga menyediakan akses agar proses pembuatan surat, verifikasi surat, dan penandatanganan surat dapat dilakukan dengan mudah, dimana saja dan kapan saja.

 

Apa saja manfaatnya?

 

 1. Memfasilitasi Akses dan Penggunaan Data yang Efisien:  Sistem penyimpanan arsip dinamis memegang peran penting dalam memfasilitasi akses yang mudah dan efisien terhadap informasi penting. Dengan menggunakan teknologi yang tepat, seperti basis data digital yang terintegrasi, sistem penyimpanan arsip dinamis memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mencari, mengambil, dan memanfaatkan data yang mereka perlukan. Hal ini tidak hanya mempercepat proses pengambilan keputusan, tetapi juga meningkatkan produktivitas organisasi secara keseluruhan.

 

 2. Meningkatkan Responsif Terhadap Perubahan:  Dalam lingkungan yang terus berubah, sistem penyimpanan arsip dinamis memungkinkan organisasi untuk menjadi lebih responsif terhadap perubahan. Dengan kemampuan untuk dengan cepat menyimpan dan mengelola data baru, serta menghapus atau memperbarui data yang sudah tidak relevan, sistem ini memastikan bahwa informasi yang tersedia selalu akurat dan mutakhir. Hal ini memungkinkan organisasi untuk membuat keputusan yang lebih baik dan lebih tepat waktu dalam menghadapi tantangan baru atau peluang yang muncul.

 

 3. Mengoptimalkan Ruang Penyimpanan dan Mengurangi Biaya Operasional:  Sistem penyimpanan arsip dinamis juga membantu organisasi untuk mengoptimalkan penggunaan ruang penyimpanan dan mengurangi biaya operasional. Dengan menyimpan data secara digital dan menggunakan teknik manajemen data yang canggih, seperti kompresi dan deduplikasi, organisasi dapat mengurangi kebutuhan akan ruang penyimpanan fisik dan menghindari biaya yang terkait dengan penyimpanan dan pemeliharaan arsip tradisional. Hal ini memberikan efisiensi yang signifikan dalam pengelolaan sumber daya organisasi.

 

 4. Mendukung Keberlanjutan Lingkungan:  Terakhir, sistem penyimpanan arsip dinamis juga berkontribusi pada upaya keberlanjutan lingkungan. Dengan mengurangi ketergantungan pada kertas dan bahan cetak lainnya, serta mengoptimalkan penggunaan energi dan ruang server melalui teknologi digital, sistem ini membantu mengurangi jejak karbon organisasi dan mendukung upaya untuk melindungi lingkungan.

 

Dalam keseluruhan, sistem penyimpanan arsip dinamis dengan aplikasi SRIKANDI tidak hanya memberikan manfaat praktis dalam pengelolaan informasi, tetapi juga berperan penting dalam mendukung efisiensi operasional, responsivitas terhadap perubahan, keberlanjutan lingkungan, dan kemajuan organisasi secara keseluruhan.

Sharing :    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
6 Online
74 Visitor Today
129 Visitor Yesterday
251840 All Visitor
938958 Total Hits
3.238.235.248 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Sekretariat dan Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00