Penanganan Arsip Pasca Bencana di Kabupaten Pesisir Selatan

Bencana alam yang terjadi di Kabupaten Pesisir Selatan sangat meluas yang ditimbulkan, baik orang banyak menelan korban, rumah, kebun, tambak ikan, pertanian dan lain-lainnya rusak termasuk juga arsip-arsip yang ada di masyarakat maupun di pemeritahan nagari dan camat. 

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat mengadakan perawatan, perlindungan dan penyelamatan arsip pasca bencana yang terjadi. Tim yang turun Sekretaris Dinas, Kepala Bidang Kearsipan dan Arsiparis memberikan penanganan atas arsip pasca bencana, saat tim turun banyak arsip yang masih basah dan lengket dari lumpur. penanganan yang dilakukan dengan

  1. Melepaskan/membuka arsip lembar perlembar,
  2. Membersihkan arsip,
  3. Pengeringan arsip
  4. penyusunan arsip dan 
  5. pemeriksaaan ulang.

dari arsip yang rusak pasca bencana banyak ditemukan arsip tanah terutama ditemukan di kantor Wali Nagari Batuhampa Kecamatan Koto IX Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. 

Saat turun ke lokasi bencana tim mesosialisasikan penanganan arsip bencana dengan cara pengerian dengan meletakkan ke ruangan yang aman untuk pendinginan dengan udara bukan dengan menjemur arsip pada sengatan matahari langsung. 

Sharing :    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
1 Online
74 Visitor Today
129 Visitor Yesterday
251840 All Visitor
938963 Total Hits
3.238.235.248 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Sekretariat dan Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00