Naskah Tambo Tuanku Imam Bonjol Ditetapkan sebagai Ingatan Kolektif Nasional (IKON) oleh Perpustakaan Nasional RI

Tuanku Imam Bonjol merupakan pahlawan yang berasal dari Sumatera Barat. Nama asli dari Tuanku Imam Bonjol adalah Muhammad Syahab. Muhammad Syahab memiliki beberapa gelar, namun beliau lebih dikenal dengan sebutan Tuanku Imam Bonjol. Beliau merupakan seorang ulama dan pemimpin (imam) bagi kaum Padri di Bonjol.

Semasa hidupnya Tuanku Imam Bonjol sering menulis. 
Salah satu tulisan tangan asli beliau yang saat ini masih dapat ditemukan adalah tulisan autobiografi beliau yang dinamakan naskah Tambo Tuanku Imam Bonjol yang tersimpan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. 
Naskah Tambo Tuanku Imam Bonjol terdiri dari 3 bagian, bagian pertama berisi memoar Tuanku Imam Bonjol, bagian kedua berisi memoar putra beliau yakni Naali Sitan Caniago dan bagian terakhir berisi notulen dua rapat yang diadakan di dataran Tinggi Minangkabau. 

Naskah Tambo Tuanku Imam Bonjol telah ditetapkan sebagai Ingatan Kolektif Nasional (IKON) oleh Perpustakaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Oktober 2022 dengan sertifikat No. 3604/1/JPI.03/X/2022.

Saat ini Naskah Tambo Tuanku Imam Bonjol telah diusulkan sebagai salah satu Nominator Memory Of The World, dan menunggu keputusan dari comitte MoW.

@mahyeldisp

@joinaldy

@pemprov.sumbarofficial

@humas.sumbar

@perpusnas.go.id

@literasiuntukkesejahteraan

========================

Kunjungi juga kami di

web: dap.sumbarprov.go.id

FB :@dapprovsumbar

youtube : pustaka arsip sumbar

========================

#ayokeperpustakaan #ayosadararsip #salamliterasi #salamarsip #dapprovsumbar #sumaterabarat #padang #perpustakaan #kearsipan #ramahanak

Sharing :    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
1 Online
217 Visitor Today
299 Visitor Yesterday
253560 All Visitor
942344 Total Hits
3.145.93.221 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Sekretariat dan Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00