Novi Handra, Duta Baca Provinsi Sumatera Barat 2023 - 2025

Novi Handra, Duta Baca Provinsi Sumatera Barat 2023 - 2025

 

Duta Baca memiliki misi utama, yaitu membantu meningkatkan minat baca di kalangan berbagai lapisan masyarakat. Mereka menjadi ujung tombak dalam menyampaikan pesan bahwa membaca bukan hanya sebuah kegiatan rutin, melainkan suatu kebutuhan penting dalam pengembangan diri dan peningkatan kualitas hidup. Dengan menjadi Duta Baca, mereka berkomitmen untuk menjadi percontohan positif dalam menginspirasi orang lain untuk lebih aktif membaca.

Duta Baca Perpustakaan Nasional terdiri dari individu yang memiliki kecintaan pada literasi, memiliki kepekaan terhadap kebutuhan masyarakat, dan mampu berkomunikasi dengan baik. Mereka berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari tokoh masyarakat, seniman, pendidik, hingga mahasiswa. Pemilihan Duta Baca tidak hanya berdasarkan popularitas, melainkan juga melibatkan pertimbangan kemampuan mereka dalam merangkul dan memotivasi masyarakat untuk gemar membaca.

Apa saja Aktivitas Duta Baca?

Duta Baca tidak hanya menjadi ikon tanpa tindakan nyata. Mereka terlibat dalam berbagai kegiatan untuk menciptakan lingkungan literasi yang lebih baik. Beberapa kegiatan yang dijalankan oleh Duta Baca antara lain:

  1. Workshop dan Seminar: Duta Baca menyelenggarakan workshop dan seminar tentang pentingnya literasi, teknik membaca efektif, dan cara menanamkan minat baca pada anak-anak.
  2. Kunjungan ke Sekolah dan Komunitas: Duta Baca melakukan kunjungan ke sekolah dan komunitas untuk berbagi pengalaman, menceritakan manfaat membaca, dan memberikan motivasi kepada para pelajar dan masyarakat umum.
  3. Kampanye Sosial Media: Duta Baca aktif di media sosial untuk menyebarkan informasi, tips membaca, serta mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan literasi.
  4. Bincang Buku dan Klub Literasi: Mereka juga membentuk klub baca dan mengadakan bincang-bincang buku secara rutin, menciptakan ruang bagi orang-orang yang memiliki minat serupa untuk berdiskusi dan bertukar pikiran.

Dampak Program Duta Baca

Program Duta Baca Perpustakaan Nasional telah memberikan dampak positif yang signifikan. Adanya Duta Baca telah berhasil meningkatkan minat baca di beberapa wilayah, terutama di kalangan anak-anak dan remaja. Selain itu, program ini juga membantu menciptakan budaya literasi yang kuat dan berkelanjutan di masyarakat.

Duta Baca Perpustakaan Nasional menjadi ujung tombak dalam upaya membangun masyarakat yang gemar membaca. Melalui berbagai kegiatan dan komitmen mereka, minat baca di Indonesia semakin berkembang. Dalam era di mana informasi begitu mudah diakses melalui berbagai media, keberadaan Duta Baca menjadi kunci untuk memastikan bahwa buku dan literasi tetap menjadi bagian integral dari kehidupan kita. Mari kita dukung dan terus memberikan apresiasi untuk upaya positif mereka dalam menggerakkan roda literasi di negeri ini.

 

Sharing :    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
4 Online
167 Visitor Today
203 Visitor Yesterday
266303 All Visitor
983110 Total Hits
44.221.66.130 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Sekretariat dan Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00