Memeriahkan Peringatan Peristiwa Situjuh di Kenagarian Situjuah Batua Kabupaten Lima Puluh Kota

Dalam rangka peringatan hari Peristiwa Situjuah, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat memeriahakan kegiatan dimaksud dengan melakukan Pameran Arsip Peristiwa Situjuah yang dilaksanakan di Kenagarian Situjuah Kabupaten Lima Puluh Kota. Pameran dilaksanakan di samping Kantor Wali Nagari Situjuah. 

Pameran arsip ini dilaksanakan dengan menampilkan foto-foto dan arsip kertas Peristiwa Situjuah, selain itu juga menghadirkan narasumber yang mengenal terhadap Peristiwa Situjuah, ST. Palindih.

Acara ini dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2024, dihadiri oleh masyarakat dan siswa-siswi SD, SMP, dan SMA se-Nagari Situjuah Batua. Pada saat yang sama juga diadakan perlombaan Pawai Alegoris yang pesertanya dari perwakilan dari masing-masing jorong, selain itu juga diadakan lomba puisi dengan tema Peristiwa Situjuah yang pesertanya dari SD dan SMP se-Nagari Sijutuah Batua.

Pameran arsip Peristiwa Situjuah ini sangat diminati oleh masyarakat sekitar karena akan mengingat kembali atas peristiwa yang terjadi pada masa tahun 1949 yang tepatnya terjadi pada tanggal 15 Januari 1949 yang menewaskan Khatib Sulaiman. Perisitiwa Situjuah ini setiap tahunnya diperingati, pada tanggal 15 Januari 2024 akan dilaksanakan upacara Peristiwa Situjuah yang dipimpin langsung Gubernur Sumatera Barat.

 

Sharing :    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
5 Online
162 Visitor Today
203 Visitor Yesterday
266298 All Visitor
983037 Total Hits
44.221.66.130 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Sekretariat dan Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00