Sinopsis buku berjudul : Ratu Yang Bersujud karangan Mahdavi diterbitkan oleh Republika

  1. Identitas Buku
    • Judul                   : Ratu yang bersujud [sumber elektronis]
    • ISBN                   : 978-623-279-051-3
    • Kode Deposit      : DEP 2022060800319
    • Klasifikasi           : 899.221-MAH-r.4
    • Penerbit               : Republika
    • Jenis Koleksi       : book
    • Tahun Terbit        : 2020
    • Tempat Terbit      : KOTA JAKARTA SELATAN

 

Pembukaan :

Mahdevi merupakan nama pena dari penulis bernama lengkap Amrizal Mochamad Mahdevi. Di usianya yang terbilang muda, ia telah merampungkan pendidikan formal S1 Fakultas Hukum Universitas Trisakti dan S2 Ilmu Politik, FISIP Universitas Indonesia.

Di awal Tahun 2013 ini, putra kedua dari empat bersaudara Pasangan Mochammad Abdillah Junaedi Dan Edi Suppeny ini memulai debutnya sebagai penulis dengan merilis novel Ratu Yang Bersujud, Sebuah novel yang penuh Inspirasi.

Sinopsis buku

Charlotte, wanita blesteran Indo-Jerman ini aktif membuat gerakan-gerakan melawan kekuasaan kaum adam di dunia timur dan barat. Segala aktivitasnya bisa dikatakan anarkis. Ia dan kelompoknya menuntut emansipasi wanita atas kesetaraan gender. Namun sifat idealisnya sendirilah yang akan mematahkan pikiran dan gerakannya. Sebaliknya, Lale Sabitoglu, sepupu Charlotte adalah wanita muslimah dari Indonesia yang membawa kaum hawa pada derajatnya di mata Islam. Ia mampu menjawab segala keraguan semua orang—termasuk Charlotte—tentang Islam dengan kepandaian dan kelembutan sikapnya.

Melihat Lale berhijab, Charllote bertanya,“Tidakkah itu mengekang potensi kaum perempuan muslim untuk berekspresi?” (p.67). Charllotte menanyakan hal lainnya, seperti “Bagaimana Islam memandang hubungan antara laki-laki dan perempuan Lale? “ (p.167) atau pertanyaan kontroversi yang sering disalahartikan oleh orang banyak, “Aku pernah mendengar dari mentorku bahwa hukum waris Islam menggariskan bahwa bagian perempuan setengah dari bagian laki-laki. Apakah itu benar?”  (p.171)

Buku Ratu yang Bersujud menjawab semua pertanyaan tersebut secara tak terbantahkan karena semua berdasar pada ayat-ayat suci Al-Qur’an dan hadits.

Pergulatan di dalam diri Charllote, rasa bersalah, serta pengampunan di dalam jiwanya akan menjadi titik klimaks di dalam cerita ini. Novel Ratu yang Bersujud tidak hanya menyajikan kisah tentang persaudaraan, teman, keluarga, dan hal romantis, tapi juga memberi paradigma baru tentang Islam yang sesungguhnya dan bagaimana Islam mengangkat derajat dan martabat, serta kebebasan kepada kaum wanita. Semoga resensi novel ini memberi sedikit gambaran tentang novel Ratu yang Bersujud dan memberi inspirasi bagi pembaca.

Ini adalah sebuah kisah tentang betapa lembut dan sucinya hidayah Allah, menelusuk masuk, mengetuk jiwa yang mabuk. Kisah langkah Charllotte keluar dari “penjara senyap” menuju tempat perlindungan yang penuh cahaya. Selarik sastra dari hati yang keras mengkristal, bertransformasi menjadi lentera indah nan selalu menyala terang menghangatkan. Ini juga merupakan kronik, dari propaganda dan fitnah, beralih menuju kepada petunjuk hakiki. Dari Charllotte aktivis kaum feminis, menjadi Charllotte sang muslimah sejati. Ini adalah tutur persahabatan timur dan barat—tulus, tak terganti—dari Charllotte Melati Neumuller dan Lale Sabitoglu. Sebuah roman jiwa yang terbungkus dalam romatisme yang tinggi, antara sang Ratu yang Bersujud dengan sang lembut hati, Hamada. Semua dikisahkan dalam sebuah kanvas suci, di Berlin yang indah lagi memesona. Sebuah novel yang akan menginspirasi para muslimah untuk tampil dan berani berdialog tentang Islam dan perempuan, di dalam kehidupan sehari-hari, lingkungan, bahkan dunia internasional. *** “Novel Ratu yang Bersujud ini benar-benar membuka mata hati saya, betapa cinta yang diajarkan Islam ternyata sangat memuliakan manusia.” – Baim Wong, aktor. “Buku ini adalah sebuah jalan dakwah 'alternatif' untuk terus menggugah para muslimah untuk berhijab. Subhanallah! Keep up the syi'ar & the good work Mahdavi! :) " -- Ola Aswandi, Pemilik MISLA Muslimah Boutique dan Penggiat Gerakan Mari Berhijab!

 

Yuukkkk.. buruan baca novel nya dengan datang ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat di Jalan Diponegoro, No.4, Belakang Tangsi, Kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat. Novel ini terdapat pada Layanan Remaja di rak lantai I dengan nomor klasifikasi 899.221-MAH-r.4 yaa....

 

Sharing :    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
3 Online
295 Visitor Today
347 Visitor Yesterday
272778 All Visitor
1000700 Total Hits
34.204.198.73 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Sekretariat dan Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00