Masyarakat Desa dan Transformasi Ekonomi Berbasis Pengetahuan: Menjembatani Gap Literasi di Indonesia 

 Masyarakat Desa dan Transformasi Ekonomi Berbasis Pengetahuan: Menjembatani Gap Literasi di Indonesia 

 

Masyarakat desa di Indonesia telah lama bergantung pada sektor pertanian dan aktivitas ekonomi tradisional lainnya. Namun, dalam era globalisasi dan teknologi informasi yang terus berkembang, ada peluang untuk mengubah ekonomi desa menjadi ekonomi berbasis pengetahuan. Artikel ini akan membahas peran pengetahuan dalam transformasi ekonomi desa di Indonesia dan memberikan wawasan tentang bagaimana masyarakat desa dapat menjembatani jurang ini.

 

 Perubahan Ekonomi Desa di Indonesia 

 

Selama beberapa dekade terakhir, perubahan ekonomi di masyarakat desa di Indonesia telah memengaruhi mata pencaharian tradisional seperti pertanian, perkebunan, dan perikanan. Hal ini dapat dilihat melalui perkembangan sektor non-pertanian, termasuk industri kreatif, pariwisata pedesaan, dan pemanfaatan teknologi.

 

 Peran Pengetahuan dalam Transformasi Ekonomi Desa 

 

Pengetahuan memiliki peran penting dalam mendukung transformasi ekonomi desa. Beberapa cara pengetahuan memengaruhi ekonomi desa adalah sebagai berikut:

 

1.  Penggunaan Teknologi Pertanian : Pengetahuan tentang teknik pertanian modern dan praktik berkelanjutan dapat meningkatkan produktivitas pertanian di desa. Ini termasuk pemahaman tentang penggunaan pupuk, irigasi, dan praktik pertanian organik.

 

   

 

2.  Pemanfaatan Internet dan E-Commerce : Peningkatan akses internet di desa dapat memungkinkan masyarakat untuk terlibat dalam perdagangan online, penjualan produk lokal, dan pemasaran pariwisata pedesaan.



 

3.  Pendukung Industri Kreatif : Pengetahuan dalam seni dan kerajinan tradisional dapat digunakan untuk mengembangkan industri kreatif di desa. Produk-produk seni dan kerajinan lokal dapat diperdagangkan secara internasional.

 

   *Sumber Rujukan*: Nuryakin, N., & Luthfi, A. (2019). "The Creative Economy Development of Rural Communities Based on Local Wisdom in Indonesia." Jurnal Komunikasi, 5(2), 81-94.

 

 Masyarakat Desa dalam Mengembangkan Pengetahuan Berbasis Ekonomi 

 

Masyarakat desa dapat berperan dalam mengembangkan ekonomi berbasis pengetahuan melalui berbagai cara:

 

1.  Pendidikan dan Pelatihan : Pelatihan pertanian, teknologi, dan keterampilan lainnya dapat memberdayakan masyarakat desa untuk mengadopsi praktik-praktik berbasis pengetahuan.

 

2.  Kolaborasi : Kerja sama dengan pihak-pihak eksternal seperti pemerintah, lembaga nirlaba, dan universitas dapat membantu memperkenalkan pengetahuan baru dan sumber daya.

 

3.  Pengembangan Produk Lokal : Masyarakat desa dapat mengembangkan produk lokal berbasis pengetahuan, seperti makanan organik, kerajinan tangan, dan produk seni, untuk dipasarkan secara lokal dan internasional.

 

 Kesimpulan 

 

Transformasi ekonomi berbasis pengetahuan di masyarakat desa di Indonesia adalah langkah penting menuju pembangunan berkelanjutan. Pengetahuan dalam bentuk praktik pertanian modern, pemanfaatan teknologi, dan pengembangan industri kreatif dapat membantu mengangkat standar hidup dan meningkatkan kesejahteraan di desa-desa. Kerja sama antara masyarakat desa, pemerintah, dan pihak-pihak eksternal adalah kunci kesuksesan dalam menjembatani jurang ini.

 

 Sumber Rujukan :

 

1. Jari, M., & Udin, U. (2016). "The Role of Rural Knowledge in Empowering the Community in Agriculture." Procedia - Social and Behavioral Sciences, 224, 347-354.

 

2. Marsden, D., & Woods, M. (2005). "Rural Geography: Processes, Responses and Experiences in Rural Restructuring." Sage.

 

3. UNESCO. (2010). "Rural Youth and Livelihoods: Opportunities and Challenges." [https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000192566](https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000192566)

 

Tulisan ini membahas bagaimana pengetahuan dapat mendukung transformasi ekonomi desa di Indonesia dengan fokus pada praktik pertanian, pemanfaatan internet, dan industri kreatif di tingkat desa. Sumber rujukan yang relevan memberikan dasar pengetahuan untuk pandangan ini.

 

Sharing :    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
2 Online
306 Visitor Today
347 Visitor Yesterday
272789 All Visitor
1000868 Total Hits
34.204.198.73 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Sekretariat dan Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00