Giat Sosialisasi Perlindungan dan Penyelamatan Arsip Bencana

Beberapa waktu lalu, perwakilan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DAP) Provinsi Sumatera Barat mengikuti Bimbingan Teknis tentang Manajemen Penanggulangan Bencana yang diselenggarakan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatera Barat. Maka dari itu, sebagai bentuk tindak lanjut dan penyebaran ilmu di lingkungan DAP telah dilaksanakan Sosialisasi Perlindungan dan Penyelamatan Arsip Bencana bagi seluruh staf di DAP.

Kegiatan Sosialisasi Perlindungan dan Penyelamatan Arsip Bencana diinisiasi oleh Bidang Kearsipan, Sub Bagian Pemeliharaan dan Pelestarian Arsip. Sosialisasi berlangsung pada hari Jumat, 28/07 di Aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Jalan dIponegoro nomor 4.

Dalam giat tersebut dilakukan simulasi perlindungan arsip dengan metode Enkapsulais Arsip. Enkapsulasi adalah proses melapisi arsip dengan plastik astralon.  Enkapsulasi Arsip sebagai salah satu metode penyelamatan dokumen penting dilakukan untuk menjaga fisik dokumen serta isi dokumen agar tetap bisa terjaga dengan baik dan tidak punah ditelan zaman, atau rusak oleh bencana baik bencana yang disebabkan oleh alam, ruangan penyimpanan arsip kertas, atau akibat faktor kelalaian manusia. (fr)

 

Sharing :    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
3 Online
169 Visitor Today
238 Visitor Yesterday
253750 All Visitor
942943 Total Hits
3.137.170.183 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Sekretariat dan Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00