Pengambilan Sumpah Jabatan Pegawai Negeri Sipil dan Pelantikan Pejabat Fungsional Arsiparis dan Pustakawan di Lingkungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat

Pada Senin 17 Juli 2023, bertempat di Aula Gedung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat Jalan Diponegoro nomor 4, telah dilaksanakan Pengambilan Sumpah Jabatan Pegawai Negeri Sipil dan Pelantikan Pejabat Fungsional Arsiparis dan Pustakawan di Lingkungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat.

Sebanyak 15 orang Pegawai Negeri Sipil dilantik oleh pejabat berwenang dalam hal ini Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat Bapak Jumaidi, S.Pd., M.Pd berdasarkan surat keputusan Gubernur Sumatera Barat. Antara lain terdiri dari tiga orang Jabatan Fungsional Umum dan 12 orang Jabatan Fungsional Tertentu. Acara pelantikan juga menghadirkan rohaniwan Budi Riva, S.Sos.I., M. Sos., dan saksi-saksi yaitu Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat Bapak Endang Kurniady,SH dan Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan, Ibu Kiswati, SS., MPA. Turut hadir segenap pejabat dan staf DAP.

Pengambilan sumpah jabatan memiliki peran penting dalam membangun kesadaran dan tanggung jawab moral para PNS. Dengan mengucapkan sumpah jabatan, mereka diingatkan akan komitmen mereka sebagai abdi negara yang bertugas melayani masyarakat. Sumpah jabatan juga menjadi landasan etika dan moral dalam bekerja, mengingatkan PNS untuk selalu bersikap adil, jujur, dan berintegritas.

Selain itu, proses pengambilan sumpah jabatan juga mencerminkan proses formalisasi hubungan antara PNS dengan negara. Dengan pengambilan sumpah jabatan, PNS diangkat menjadi bagian dari aparatur negara dan diberikan wewenang serta tanggung jawab untuk melaksanakan tugas-tugasnya.

Dalam masyarakat yang berdemokrasi, pengambilan sumpah jabatan juga menjadi simbol penting bagi pemegang jabatan publik untuk bertanggung jawab kepada rakyat. Sumpah jabatan mengingatkan para PNS bahwa jabatan yang mereka emban bukanlah untuk kepentingan pribadi, melainkan untuk kepentingan rakyat dan bangsa.

Pengambilan sumpah jabatan bagi seorang Pegawai Negeri Sipil adalah momen penting yang menandai dimulainya tugas dan tanggung jawab sebagai abdi negara. Proses ini menjadi momen bersejarah dalam karir seorang PNS dan merupakan simbol komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta menjunjung tinggi etika dan moral dalam menjalankan tugasnya. (fr)

Sharing :    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
1 Online
167 Visitor Today
203 Visitor Yesterday
266303 All Visitor
983143 Total Hits
44.221.66.130 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Sekretariat dan Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00