Wujudkan Sistem Kearsipan Pemerintah Berbasis Elektronik, DAP Provinsi Sumbar Gelar Bimtek Aplikasi Srikandi

Kegiatan Bimbingan Teknis Penerapan Aplikasi Srikandi (Sistem Informasi Kearsipan Daerah Terintegrasi)

 

Padang – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat sebagai leading sector di bidang Kearsipan dan Perpustakaan, mengadakan Bimbingan Teknis Penerapan Aplikasi Srikandi (Sistem Informasi Kearsipan Daerah Terintegrasi) di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Kamis, 08/06 2023 bertempat di Aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Belakang Tangsi.

Kegiatan ini dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan guna percepatan implementasi Srikandi, serta Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan dan PP Nomor 28 Tahun 2018 tentang pelaksanaan UU Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

Aplikasi SRIKANDI merupakan hasil kolaborasi antara Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo),” ucapnya.

Srikandi memiliki beberapa fitur seperti fitur penciptaan arsip yang meliputi pembuatan, penandatangan, pengiriman dan penerimaan naskah dinas secara elektronik antar instansi pemerintah. Selain itu terdapat fitur penggunaan arsip oleh pengguna yang berhak, peminjaman arsip dan fitur penyusutan arsip yang meliputi pemindahan dan pemusnahan arsip.


Bimbingan Teknis ini menghadirkan Narasumber Bapak Rudy Amanjaya .S.Sos.,M.AP Arsiparis Ahli Muda Pada Direktorat Kearsipan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Bimtek diikuti oleh 51 orang admin OPD di Lingkungan Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat secara Daring Virtual Zoom Dan Luring Di Aula Perpustakaan Lantai 4 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat.

Turut hadir Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat Bapak Jumaidi, S.Pd, M.Pd., Pejabat Eselon 3 dan 4 Serta Pejabat Fungsional Arsiparis, Penyetaraan, dan Pustakawan. Adapun Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan ini yaitu Ibu Kiswati SS.MPA, Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan.
 

 

Sharing :    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
10 Online
56 Visitor Today
325 Visitor Yesterday
254404 All Visitor
945338 Total Hits
18.226.222.12 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Sekretariat dan Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00