LITERASI MASA KINI ditulis oleh : Taufik Alhakim Iskandar dari komunitas : Rumah Pintar Kreatif Ampang Ig. @iskandartaufika

Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan literasi dapat membasmi kemiskinan, mengurangi angka kematian anak, pertumbuhan penduduk, dan menjamin pembangunan berkelanjutan serta terwujudnya perdamaian. Selain itu, kemajuan suatu negara secara langsung tergantung pada tingkat melek huruf di negara tersebut.

            Saat ini orang sudah jarang ingin pergi ke perpustakaan, karena menurut mereka membaca buku itu membosankan dan membuang-buang waktu. Anak muda saat ini karena sudah memiliki banyak hiburan sehingga membuat diri mereka lalai, mereka bisa lupa shalat, lupa mandi, kadang juga lupa bernafas, bahkan juga bisa lupa diri karena terlalu sibuk dengan hiburannya (gadget).

            Untuk menumbuhkan niat membaca dan literasi generasi muda saat ini tentu mereka harus mengetahui terlebih dahulu tentang apasih tujuan literasi? dan manfaatnya untuk hidup apa?

            Literasi sangat penting pada saat ini karena banyak berita-berita hoax bertebaran dan dengan literasi kita bisa untuk mengetahui yang mana berita yang benar dan juga yang mana berita yang palsu. Literasi memiliki beberapa tujuan yaitu:

  1. Dengan literasi, tingkat kemampuan seseorang dalam mengambil kesimpulan dari informasi yang diterima menjadi lebih baik
  2. Membantu orang berpikir secara kritis, dengan tidak mudah terlalu cepat bereaksi
  3. Membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat dengan cara membaca
  4. Membantu menumbuhkan serta mengembangkan nilai budi pekerti yang baik dalam diri seseorang.

            Setelah kita mengetahui tujuan literasi tentu kita juga harus mengetahui manfaat dari literasi. Belajar literasi memiliki banyak manfaat, terutama di tengah gempuran informasi di era digital. Manfaat dari literasi yaitu:

  1. Memperkaya kosakata
  2. Memperluas wawasan dan pengetahuan
  3. Membantu berpikir kritis untuk membantu dalam mengambil keputusan
  4. Membuat otak bekerja lebih optimal
  5. Mengasah kemampuan dalam menangkap dan memahami informasi dalam bacaan
  6. Mengasah kemampuan menulis dan merangkai kata dengan lebih baik
  7. Melatih konsentrasi dan focus
  8. Mengembangkan kemampuan verbal
  9. Meningkatkan kepekaan terhadap informasi yang ada di platform media terutama digital
  10. Meningkatkan kreativitas dalam memilih dan menyusun kata

            Sekarang kita sudah mengetahui pengertian literasi, tujuan literasi, dan manfaat literasi. Untuk meningkatkan literasi generasi muda saat ini tentu saja harus dibiasakan membaca sejak dini dan seorang guru juga harus mengajarkan siswanya literasi karena guru yang hebat akan menghasilkan murid yang hebat,

            Beberapa hal yang dapat saya lakukan untuk meningkatkan kualitas literasi di Indonesia, khususnya sumatera barat yaitu:

  1. Mendirikan banyak TBM sehingga banyak orang bisa mendapatkan akses untuk membaca buku lebih mudah
  2. Membiasakan membaca buku sejak kecil, karena kebiasaan dapat berubah menjadi kebutuhan sehingga buku itu menjadi kebutuhan bagi mereka bukan keinginan semata
  3. Membuka perpustakaan 24 jam, ini agar menciptakan suasana membaca buku yang lebih baik, karena orang-orang tidak perlu terburu-buru dikarenakan perpustakaan akan tutup
  4. Memberikan sosialisai tentang TBM dan literasi kepada khalayak rama, ini untuk menumbuhkan rasa pentingnya literasi dalam kehidupan.

            Jadi literasi itu sangatlah pentingdalam kehidupan, bisa untuk mempermudah hidup kita, dan harus diajarkan untuk membiasakan membaca kepada anak sejak kecil.

Sharing :    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
1 Online
193 Visitor Today
154 Visitor Yesterday
246923 All Visitor
924377 Total Hits
44.204.204.14 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Sekretariat dan Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00