Worskhop Bunda Literasi/ Duta Baca Daerah dan Pegiat Literasi Daerah Tahun 2022

Hari ini, Selasa 30 Agustus 2022 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat melaksanakan kegiatan Workshop Bunda Literasi/ Duta Baca Daerah dan Pegiat Literasi Daerah tahun 2022 yang dihadiri oleh 150 orang peserta yang berasal dari Bunda Literasi/ Duta Baca Daerah dan Pegiat Literasi Daerah kabupaten/ Kota se Sumatera Barat secara onsite di Hotel Pangeran Beach dan secara virtual melalui link zoom. Pada kegiatan ini juga dilakukan pengukuhan Bunda Literasi Provinsi Ny. Hj. Harneli Bahar masa bhakti 2022-2024 dan Duta Baca Daerah Provinsi Sumatera Barat Fazatil Husainah  Fauzi El Muhammady periode 2022-2025 oleh Gubernur Sumatera Barat Buya H. Mahyeldi.

Bunda Literasi merupakan sosok perempuan literat yang akan merangkul, mengarahkan, mengayomi, mendukung dan terlibat langsung bersama masyarakat untuk mengembangkan Pembudayaan Kegemaran Membaca di tengah-tengah masyarakat. Saat ini masyarakat membutuhkan seseorang yang mampu menjadi panutan public figure dan motor penggerak dalam kebiasaan membaca dan literasi yang berorientasi pada keunikan dan karakteristik daerah/ kearifan lokal masing-masing, yang didukung  adanya pola layanan perpustakaan prima yang efektif, dinamis dan kreatif untuk mempercepat tercapainya masyarakat berbudaya gemar membaca dan menjadi ‘guru penggerak’ Gerakan Pembudayaan Kegemaran Membaca di masing-masing daerah melalui kunjungan serta pemanfaatkan perpustakaan sehingga menghasilkan masyarakat “Merdeka Belajar”.

Workshop ini diadakan dengan tujuan agar tercipta kesamaan persepsi, pola pikir dan sinergitas dalam penyusunan program kerja dan pelaksanaan kampanye Pembudayaan Kegemaran Membaca di setiap daerah sehingga dapat meningkatkan indeks tingkat kegemaran membaca masyarakat.

Melalui Bunda Literasi/ Duta Baca dan Pegiat Literasi daerah, diharapkan nantinya dapat bersinergi dengan perpustakaan dalam rangka mempromosikan Gerakan Pembudayaan Kegemaran Membaca mulai dari tingkat pusat sampai ke tingkat kabupaten/ Kota dan Nagari/ Desa/ Kelurahan. Dengan adanya public figure ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan (onsite dan/ atau online) dalam transaksi jasa informasi bagi pemustaka di perpustakaan daerah masing-masing, secara berkelanjutan baik ketersediaan koleksi maupun kemudahan akses.

Berbagai materi yang sangat bagus telah diampaikan oleh para Narasumber mulai dari Duta Baca Indonesia Gol A Gong seputar trik-trik inovasi dan beberapa program yang bisa dilakukan, Bunda Literasi Provinsi Ny Hj Harneli Bahar dengan strategi sebagai seorang ibu dalam membudayakan dan membiasakan membaca mulai dari rumah, Duta Baca periode 2018-2021 Mardhiyan Novita MZ terkait pengalaman dan hal apa saja yang telah dilakukan selama ini sebagai Duta Baca Daerah periode sebelumnya yang tidak hanya berhenti sampai disini saja dan Pegiat Literasi Yusrizal KW tentang bagaimana strategi beliau sebagi seorang Pegiat Literasi dalam membangun gerakan bersama unutk Pembudayaan Gemar Membaca, membawa para peserta untuk benar-benar yakin bahwa promosi Pembudayaan Kegemaran Membaca tidak hanya menjadi tugas dan beban pemerintah atau pihak perpustakaan saja tapi tugas kita bersama untuk saling bersinergi bahu membahu agar tingkat kegemaran membaca masyarakat Sumatera Barat secara nasional bisa naik dan menempati posisi 10 besar secara nasional.

Menutup acara kepala dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Novrial SE, MA. Ak menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat sekali untuk kita bersama untuk saling bersinergi membuat jejaring literasi yang kuat. Saya sangat yakin dan percaya bahwa sebuah buku bisa merubah hidup dan taraf perekonomian suatu daerah yang dibuktikan oleh sebuaa buku berjudul “Laskar Pelangi”  yang mampu mengubah taraf hidup perekonomian masyarakat di kepulauan bangka Belitung.

Menurut saya yang paling paling dari semua itu perlu kita pahami bersama bahwa kegiatan ini adalah “dari kita sendiri, untuk kita sendiri dan akan kita lakukan sendiri”, karena sejatinya  literasi dan Pembudayaan Kegemaran Membaca dimulai dari diri sendiri dan hal itu juga telah saya mulai dari diri saya sendiri dan lingkungan keluarga. Semoga kegiatan seperti ini bisa kita lanjutkan dimasa mendatang doa dan harapan kita bersama agar Semangat Literasi Sumatera Barat semakin lama semakin kuat Aamin… Salam literasi. (yelvi.pustakawan.dap)

 

Sharing is Sexy:    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
2 Online
135 Visitor Today
197 Visitor Yesterday
145085 All Visitor
577203 Total Hits
3.238.98.39 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00