Menulis itu sulit tapi mudah bagi yang sudah menjalaninya.

Menulis merupakan suatu kegiatan yang sangat sulit dilakukan bagi Sebagian orang. Banyak orang yang jika disuruh untuk menulis akan mencari-cari alasan agar bisa terbebas dari hal tersebut, tetapi jika diberi topik untuk bercerita apalagi topik tentang selebritis dan gosip yang lagi hot saat ini pasti Sebagian orang itu akan sangat mudah, bahkan bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk mendiskusikannya. Kebanyakan dari kita lebih suka memendam ingatan, jika ada waktu dan kesempatan yang tepat maka bercerita menjadi momen yang sangat menyenangkan, tetapi akan sulit membaginya dengan yang lain jika dituangkan melalui sebuah tulisan.

Padahal menulis sangat banyak sekali manfaatnya baik bagi penulis sendiri maupun bagi orang yang membacanya dengan catatan tulisan yang dihasilkan bisa menarik minat dan perhatian pembacanya. Menurut Bapak Adrinal Tanjung seorang penulis yang paling produktif di negara ini, khususnya dikalangan Birokrat yang mana beliau merupakan salah seorang ASN di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI, sekaligus Founder Satu Birokrat Satu Buku (SABI SABU), menulis itu tidaklah sesulit seperti yang dibayangkan banyak orang. Tulis saja apa yang anda ingat meskipun hanya sedikit. Menulis tidak harus banyak, tulis saja apa yang ingin ditulis yang paling penting jangan jadikan menulis itu sebagai beban. Saya juga dulunya tidak bisa menulis tetapi setelah dicoba sedikit demi sedikit ternyata menulis itu asyik dan bisa pula mendatangkan pundi-pundi bagi kita.

Hari ini Jumat, tanggal 29 Juli 2022, beliau banyak berdiskusi dan membagikan ilmunya dengan para pejabat fungsional pustakawan yang berkesempatan hadir pagi ini dilantai 1 ruang Layanan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat yang kata beliau sangat luas sekali. Beliau menyebut dalam tulisan yang diunggah di Facebook beliau dengan Judul “Berkah Pulang ke Ranah Minang” . Dalam postingannya beliau menyebutkan bahwa hidup itu penuh dengan kejutan sungguh tidak disangka ternyata kehadiran beliau telah ditunggu oleh para fungsional pustakawan dengan sangat bersemangat yg juga didampingi oleh Kabid Layanan Otomasi dan Kerjasama Perpustakaan, yaitu Bpk Drs Armyson Amran, MM. Beliau sangat senang dengan sambutan teman-teman dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, melengkapi kunjungan ini beliau diminta untuk sharing dengan teman-teman. Akhirnya beliaupun mulai bercerita dan berbagi pengalaman hidup yang telah dilalui sampai pada aktivitas beliau meskipun sibuk dengan rutinitas sehari-hari di BPKP, tetapi beliau tetap bisa menghasilkan buku. Menurut beliau siapapun pasti bisa menulis juga, yang penting ada tekad dan kemauan untuk memulai jangan mundur sebelum mulai.

Agar tulisan ini menjadi menarik dibutuhkan trik-trik dan kelihaian dari penulisnya darimana didapatnya ya dengan banyak-banyak membaca. Menulis dan membaca bagaikan dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Oleh karena itu kawan-kawan pustakawan ayo mulailah menulis jangan ragu tulis saja apa yang terpikir saat ini jangan pikirkan benar atau salah yang penting semangat mau dan berani mencoba. “Selamat menulis yakinlah anda pasti bisa”

Sharing is Sexy:    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
4 Online
334 Visitor Today
114 Visitor Yesterday
136845 All Visitor
548417 Total Hits
3.229.117.123 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00