Penyusunan Draft Awal Rancangan Pergub Sumbar tentang Juklak Perda Nomor 1 Tahun 2022 tentang Perpustakaan

Hari ini Rabu tanggal 27 Juli 2022, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Nomor 67/SK/DAP-2022 tanggal 25 Juli 2022 tentang Pembentukan Tim Penyusun dan Pembahas Rancangan Peraturan Gubernur tentang Petunjuk Pelaksanaan dari Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 1 Tahun 2022 tentang Perpustakaan telah melakukan penyusunan draft awal terkait Pergub dimaksud.

Pergub yang akan dirancang ini difokuskan pada dua BAB yang terdapat dalam Perda Nomor 1 Tahun 2022 tentang Perpustakaan dimana masing-masing akan menyusun dan membahas sesuai dengan tupoksinya yang akan diakomodir oleh dua bidang terkait di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Bidang Layanan, Otomasi dan Kerjasama Perpustakaan sebagai  wakil koordinator bersama anggota tim telah menyusun draft Pergub terkait BAB yang didalamnya  memuat 3 urusan yaitu : Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Forum Sinergitas Berbasis Inklusi Sosial dan Pembudayaan Gemar Membaca, sedangkan Bidang Deposit, Pengembangan dan Pelestarian Bahan Pustaka membahas tentang Pelestarian Naskah Kuno.

Masing-masing tim sudah menyusun draft rancangan Pergub yang akan diusulkan ke Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat. Dimana nanti akan dibahas secara intens terkait substansi materi dengan tenaga ahli/konsultan yang profesional dan kompeten dibidangnya yang berasal dari SKPD, Dosen Perguruan Tinggi terkait dan isntansi/ lembaga lainnya.

Menurut rencana, rancangan Pergub ini diharapkan sudah ditetapkan menjadi Peraturan Gubernur Sumatera Barat selambat-lambatnya bulan November 2022. Dengan lahirnya Pergub ini diharapkan dapat menjadi payung hukum secara teknis bagi penyelenggaraan perpustakaan di Provinsi Sumatera Barat terutama dalam hal : Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Forum Sinergitas Berbasis Inklusi Sosial, Pembudayaan Gemar Membaca  dan Pelestarian Naskah Kuno. (yelvi.pustakawan. dap)

Sharing is Sexy:    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
5 Online
328 Visitor Today
114 Visitor Yesterday
136839 All Visitor
548385 Total Hits
3.229.117.123 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00