Peer Learning Meeting (PLM) Provinsi Sumatera Barat, 11- 14 Juli 2022

Pelaksanaan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial tahun 2022 diawali dengan Sosialisasi program di Batam dilanjutkan dengan Bimtek SPP-TIK selama 4 hari dari tanggal 10-14 Mei 2022. Hari ini tanggal 11-14 Juli tahun 2022 diadakan kegiatan Peer Learning Meeting yang secara resmi dibuka oleh kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 12 Juli 2022 bertempat di Hotel Kryiad Bumiminang Padang bapak Novrial, SE, MA, Ak. Sebanyak 17 orang peserta ikut berpartisipasi dalam acara ini yang berasal dari pengelola perpustakaan penerima manfaat mitra baru tahun 2022 yaitu : Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Pasaman dan Mitra lama yaitu Kabupaten Pesisir Selatan dengan 3 nagari mitra baru tahun 2022 yaitu Nagari Tiga Sepakat, Nagari Punggasan Utara dan Nagari Koto Salapan Pelangai ditambah satu nagari dari Mitra lama yaitu Nagari Kubu Tapan.

Novrial, SE, MA.Ak menyampaikan bahwa kegiatan PLM ini merupakan ajang bagi para peserta untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman yang saling terkoneksi dalam menjawab kebutuhan masyarakat dari sisi hulu dan hilir. Tempat dimana para peserta bisa saling berbagi bagaimana teknik serta strategi yang digunakan teman seperjuangan sehingga berhasil dalam melakukan dan mengembangkan  program ini serta tingkat kebermanfaatannya bagi masyarakat. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Perpustakaan Nasional RI yang telah mendampingi provinsi untuk menjalankan program nasional ini sejak tahun 2018 sampai sekarang. Sejak mulai mengenal program ini sampai sekarang telah banyak manfaat yang dirasakan oleh para penerima manfaat baik bagi perpustakaan sendiri maupun bagi masyarakat yang memang terbantu baik dalam hal pengembangan literasi dan wawasan maupun peningkatan kehidupan ekonominya.

Alhamdulillah sejak tahun 2015 sampai saat ini Sumatera Barat telah mendapatkan bantuan Program TPBIS ini sebanyak 14 Kabupaten dan 76 Nagari dan telah banyak manfaat positif yang dirasakan oleh masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraannya. Program ini telah banyak membawa perubahan dan menghasilkan dampak / impact positif yang dirasakan oleh masyarakat dengan berbagai kegiatan yang diikuti di Perpustakaan masing-masing baik ditingkat nagari maupun kabupaten. Hal mendasar yang sangat berpengaruh yaitu peningkatan perekonomian keluarga. Dengan adanya PLM ini diharapkan semua peserta dapat saling berbagi pengalaman baik kegiatan maupun program-program yang telah dilakukan, sehingga mampu menjadi motivasi dan inspirasi baru bagi perpustakaan lain yang mungkin masih belum banyak berbuat. Pada kegiatan PLM ini para peserta juga membuat lapak mini yang menampilkan kegiatan yang telah dilakukan selama ini melalui tiga strategi yang telah dilakukan, yaitu Peningkatan Kualitas Layanan Perpustakaan melalui buku, e-book dan intenernet, Melakukan berbagai kegiatan pelibatan masyarakat dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di Perpustakaan serta Advokasi untuk menjaga keberlanjutan program. Melalui lapak ini para peserta dapat saling melihat dan belajar secara langsung mana program atau kegiatan yang bisa diadopsi langsung dan mana yang harus disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik daerah masing-masing.

Pada kegiatan PLM ini juga dihadirkan impact yang berasal dari masyarakat, yang benar-benar telah merasakan manfaat langsung dengan adanya program TPBIS ini dari Perpustakaan Nasional RI, yaitu Bapak Efrizal masyarakat Taeh Bukik yang sekarang punya penghasilan lebih dari hasil usaha Naga dan Pengolahan Gula Semut yang kesemuanya merupakan hasil belajar melalui buku-buku dan sarana yang ada di Perpustakaan nagarinya. Beliau merupakan hasil nyata dari tujuan program TPBIS yaitu Mewujudkan Literasi untuk Kesejahteraan.

Kegiatan PLM ini ditutup secara resmi pada tanggal 13 Juli 2022 oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Bapak Novrial, SE, MA, Ak yang juga dihadiri oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, diwakili oleh Bapak Drs. Supriyanto, M.Si Direktorat Standarisasi dan Akreditasi. Dalam sambutannya Supriyanto menyampaikan bahwa tujuan dari PLM ini adalah untuk memfasilitasi proses saling belajar dan berbagai pengalaman tentang capaian keberhasilan dan area of improvement dalam implementasi program, Meningkatkan komitmen, motivasi dan kepercayaan diri peserta untuk terus melaksanakan strategi program, Memberikan pengetahuan dan keterampilan baru bagi peserta untuk penguatan implementasi program, Menyusun rencana tindak lanjut implementasi program dan Memberikan apresiasi bagi perpustakaan kabupaten dan Desa terbaik di tingkat provinsi. Melalui PLM ini beliau juga berpesan agar peserta dapat menindaklanjuti hasil belajar yang telah diperoleh dengan melakukan berbagai langkah-langkah yang lebih kreatif agar perpustakaan semakin maju, dalam melayani dan membantu masyarakat yang saat ini belum lepas dari dampak pandemi.

Puncak acara PLM pemberian penghargaan kepada Perpustakaan Terbaik Pertama inputannya pada aplikasi SIM Program TBIS yaitu Perpustakaan Kota Padang Panjang sekaligus juga sebagai pemenang Lapak Terbaik dari semua peserta yang hadir dan Terbaik kedua Perpustakaan Kabupaten Sinjunjung.

Konsultan program pendamping untuk Sumatera Barat Herman Sahuri, berpesan agar pengelola perpustakaan jangan lengah dan berkecil hati jika tidak ikut terpilih di tingkat provinsi karena akan ada lagi PLM nasional nanti. Oleh karena itu para pengelola harus aktif dan jeli tidak hanya dalam hal menjalankan ketiga strategi tetapi juga disiplin dalam menginputnya melalui SIM. Semangat dan yakinlah selalu bahwa tangan-tangan pustakawan sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk membawa perubahan bagi mereka seperti moto hidup pak Efrizal sebagai Impact tahun ini dari nagari Taeh Bukik Kabupaten Lima Puluh Kota "Selesaikanlah apa yang sudah dimulai agar dapat hasil yang maksimal". (yelvi.pustakawan.dap)

Sharing is Sexy:    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
5 Online
334 Visitor Today
114 Visitor Yesterday
136845 All Visitor
548415 Total Hits
3.229.117.123 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00