Kunjungan SDIT Cendekia Andalas

Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Barat mendapat kunjungan dari SD IT Cendekia Andalas, Kunjungan ini akan digelar selama tiga hari dari tanggal 21 sampai 23 Maret 2022, berjumlah 80 orang siswa dengan 5 orang guru pedamping. kunjungan pertama pada Senin pagi tanggal 21 maret 2022 diawali dengan 27 orang siswa dengan 2 orang guru pendamping.

Menarik sekali saat Kepala Bidang Layanan Otomasi dan Kerjasama Perpustakaan, Drs.Armyson Amran, M.M mewakili Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menanyakan tentang kebiasaan membaca kepada para siswa tersebut. Semua bersemangat dan menunjuk “Saya Suka Membaca”. Saat ditanyakan ada yang punya perpustakaan pribadi dirumah ada 1 siswa yang menjawab  “ Saya Punya”.  Setelah itu muncul lagi tunjuk tangan yang lain mreka tidak punya perpustakaan pribadi tapi hanya punya pojok baca.

Saat ditanyakan oleh Kepala Bidang ke siswa tentang surat yang memerintahkan membaca mereka spontan menjawab al-alaq, namun saat ditanya bunyi ayatnya malah mereka kebingungan akhirnya dibantu oleh para ustadz pendamping untuk memulai ayatnya akhirnya merekapun membaca bersama-sama, ternyata selama ini mereka tau judulnya tapi tidak tahu isi atau bunyinya.

Disini perlu peran para pustakawan untuk lebih membiasakan dan memperkenalkan judul dengan isinya, mempertemukan informasi dengan medianya sehingga apa yang akan dikatakan atau ditulis itu ada sumber resminya dan mereka jadi paham dengan arti dan kebiasaan membaca.

Pada kesempatan kali ini, Perpustakaan Daerah Provinsi juga kedatangan kak Citra sebagai pemandu dan mengenalkan Read Aloud di Sumatera Barat yang telah melatih 15 orang relawan dari berbagai kabupaten/kota di Sumatera Barat pada tanggal 10 Maret 2022 lalu. Relawan yang telah dilatih ini akan tampil secara bergiliran mulai hari ini Senin sampai Rabu depan untuk menghibur dan menumbuhkan kecintaan membaca sejak dini pada anak-anak.. (Yelvi.Pustakawan DAP)

Sharing :    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
2 Online
75 Visitor Today
129 Visitor Yesterday
251841 All Visitor
938968 Total Hits
3.238.235.248 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Sekretariat dan Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00