Literasi Berbasis Inklusi Sosial, Ecoprint

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat (29/06/2021) mengadakan pelatihan Literasi Berbasis Inklusi Sosial dengan tema Ecoprint, dimana peserta adala warga masyarakat dari Komunitas Rumah Anjuang sebanyak 20 orang dengan narasumber berasal dari Dosen ISI Padang Panjang Ibu Widdi Yanti, S .Sn, M.Sn dan Pak Jon Wahid.

ECOPRIN adalah tehnik memotif media dengan bagian dari tumbuh tumbuhan, atau menggunakan warna alami, non kimiawi. Produk ecoprin ini merupakan produk ramah lingkungan. Media yang digunakan bisa berupa kain, kulit, kertas, keramik dan kayu. Pola pada ecoprin biasanya terjadi karena adanya tannin serta Kain . 
Ecoprin Bukan batik, karena ecoprin merupakan tehnik memotif kain dari tumbuh tumbuhan, seperti bunga, daun dan akar, diletakan di atas kain untuk warna dasar dengan menggunakan pewarna alam seperti air rebusan kulit jengkol. Kulit nangka kulit mangis.

Untuk proses ecoprin proses mengolah kain hampir sama dengan membuat warna alam atau mengungkapkan kain dengan warna alam. Proses pengerjaan ecoprin tidak terlalu sulit, cukup dengan daun daun (seperti daun jati daun kaduduak) dan bunga yang ada di sekitar tempat tingalkita, jika menginginkan kain berwarna bisa juga membuat warna alam sendiri seperti air rebusan kulit jengkol, air rebusan teh, air rebusan kulit mangis, untuk hasil warna akhir tergantung dari penguncian yang digunakan, jika menginginkan hasil lebih gelap bisa mengunkan tunjung sebagai pengunci warna.

Sharing is Sexy:    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
2 Online
146 Visitor Today
167 Visitor Yesterday
78954 All Visitor
316294 Total Hits
3.236.50.201 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00