Lokakarya Membangun Komitmen Multi Stakeholder Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Provinsi Sumatera Barat

Perpustakaan Nasional bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat mengadakan Lokakarya Membangun Komitmen Multi Stakeholder Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Provinsi Sumatera Barat, bertempat di Padang (12/09/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan salah satu pendekatan untuk mengurangi kemiskinan melalui penguatan literasi guna mewujudkan perpustakaan untuk kesejahteraan masyarakat, Bappenas mulai tahun 2018 menetapkan kebijakan dengan memprogramkan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dengan target tahun 2018 sebanyak 60 lokasi, sedangkan tahun 2019 menjadi sebanyak 300 lokasi dengan alokasi anggaran 1.465 Milyar Rupiah dan DAK 300 Milyar Rupiah, untuk Provinsi Sumatera Barat tahun 2018 memperoleh 3  Kabupaten / Kota yaitu Kabupaten Agam, Tanah Datar dan Solok Selatan.

Sebelumnya tahun 2013 Sumatera Barat sudah memperoleh pendampingan untuk kegiatan transformasi dan revitalisasi perpustakaan yaitu Kota Payakumbuh dan dilanjutkan Kabupaten Solok serta Kabupaten Pasaman Barat tahun 2015, yang dahulunya didampingi program Perpuseru yang saat ini ditake over oleh Perpusnas.

Sedangkan sasaran program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial ke desa/nagari, supaya masyarakat perdesaan dekat dengan akses informasi yang berkualitas dalam mengurangi kesejangan dengan masyarakat perkotaan.

Selanjutnya transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial di harapkan dapat berperan :

  • Perpustakaan sebagai ilmu pengetahuan, pusat kegiatan masarakat di pusat kebudayaan
  • Perpustakaan dirancang lebih bergaya guna bagi masyarakat
  • Perpustakaan menjadi wadah untuk menemukan solusi dan permasalahan kehidupan masyarakat
  • Perpustakaan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki.

Untuk mewujudkan sasaran transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial diperlukan dukungan dan multi stakeholder dimulai kebijakan dari pimpinan daerah, OPD terkait, BUMN, Swasta, Lembaga Pendidikan, Media dan Organisasi Masyarakat, dukungan-dukungan dari stakeholder terkait seperti jaringan untuk informasi, pemanfaatan dana desa sinergi anggaran OPD, CSR, Publikasi dll.

Kegiatan Lokakarya ini dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 11 s.d 12 September 2019 di Padang yang akan mendapatkan kesepakatan bahwa stakeholder sepakat untuk mendukung program dimaksud di daerah Sumatera Barat.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Wardarusmen, SE, MM beserta perwakilan dari Perpustakaan Nasional RI. 

Sharing :    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
4 Online
69 Visitor Today
129 Visitor Yesterday
251835 All Visitor
938937 Total Hits
3.238.235.248 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Sekretariat dan Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00