Tahun 2019, Tiga Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat memperoleh Penghargaan Tingkat Nasional di Bidang Perpustakaan dan Kearsipan

Dari hasil penilaian Tim Pusat (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia) Tahun 2019 ini, Pustaka Nagari Koto Baru Kabupaten Pasaman Barat memperoleh penghargaan Pustaka Terbaik 1 (pertama) untuk Wilayah Cluster B' di ‘Jakarta.

Unggulan dari Perpustakaan tersebut adalah dengan menggunakan dana desa sehingga punya gedung perpustakaan megah 2 lantai punya koleksi buku yang banyak punya teknologi informasi dan pada perpustakaan tersebut dengan memanfaatkan buku dilakukan aktifitas pemberdayaan masyarakat diantaranya menjahit, pelatihan pembuatan tahu tempe, aktifitas pelatihan Ibu PKK, tempat diskusi kelompok petani, dan pelatihan komputer dengan adanya dukungan kebijakan kepala daerah Kabupaten Pasaman Barat dan Provinsi Sumatera Barat.

Di Nagari Koto Baru tersebut sudah jalan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inclusi Sosial artinya di Perpustakaan tidak hanya tempat membaca namun sinergi dangan aktifitas pemberdayaan masyarakat.

Pada tahun 2018 kemaren untuk desa atau nagari di Sumatera Barat juga urutan pertama  yaitu Nagari Saok Laweh Kabupetan Solok melalui buku bergulirnya artinya Sumatera Barat khususnya Nagari Saok Laweh Kabupaten Solok dapat mempertahankan posisi terbaik satu untuk tingkat desa di Indonesia. "Alhamdulliah, kita berhasil mempertahankan predikat yang sama juga kita peroleh tahun lalu. Artinya kepedulian literasi kita masih tinggi di Sumatera Barat, dan ini adalah salah satu visi pembangunan kita di Sumatera Barat", sebut kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Wardarusmen,SE, MM.

Selanjutnya lomba Perpustakaan tingkat SLTA yang tahun sebelumnya belum pernah mendapatkan nominasi, namun pada tahun 2019 ini mendapat penghargaan harapan ke – II yaitu SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi se Indonesia dengan unggulannya sarana prasana yang luas dan koleksi buku yang komplit. Adapun peringkat dari perlombaan tersebut adalah :

* Juara 1 - Perpustakaan SMA Labor, Binaan Universitas Riau, Riau

* Juara 2 - Perpustakaan SMAN Jetis, Daerah Istimewa Yogyakarta

* Juara 3 - Perpustakaan SMAN 5 Berau, Kalimantan Timur

* Harapan 1 - Perpustakaan SMAN 1 Jebus, Bangka Belitung

* Harapan 2 - Perpustakaan SMA N 5 Bukittinggi, Sumatera Barat

* Harapan 3 - Perpustakaan SMAN 6 Purbalingga, Jawa Tengah

Selain dari bidang Perpustakaan, di Bidang Kearsipan, Sumatera Barat termasuk 10 besar Arsiparis Terbaik tingkat nasional tahun 2019 ini yaitu Winda Desrah Maini, A.Md (Arsiparis Trampil Kota Padang Panjang).

Sharing :    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
4 Online
133 Visitor Today
299 Visitor Yesterday
253476 All Visitor
942142 Total Hits
3.128.78.41 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Sekretariat dan Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00