Uji Kompetensi Cetak Pustakawan Profesional

Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat bersama Perpustakaan Nasional RI menggelar uji kompetensi bagi para pustakawan baru jalur inspassing dan syarat naik golongan, di Aula Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat Jalan Diponegoro No. 4 Padang, Selasa (25/6).

Sebanyak 16 pustakawan mengikuti uji kompetensi tersebut, diharapankan tingkat golongan pustawakan meningkat dari sebelumnya.

Kasi Pembinaan Perpustakaan Desi Herawati mengatakan, diadakannya uji kompetensi untuk para pustakawan yang ingin naik level lebih tinggi, sementara bagi yang inpassing yang belum mendapatkan sertifikat sebagai pustakawan untuk menjadi pustakawan yang diakui daerah.

“Uji kompetensi ini sangatlah penting, sebab akan berpengaruh saat bekerja nanti,” ungkapnya. Ditambahkannya, peserta berasal dari SKPD provinsi, kota/kabupaten, perguruan tinggi dan instansi lainnya. Untuk data ujian inpassing sekitar 3 orang dan ujian kenaikan tingkat 13 orang. “Paling banyak pustakawan dari UPT Perpustakaan Institut Seni Indonesia Padang Panjang yang ikut serta,” sebutnya.

Pada kesempatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Wardarusmen dan dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Fungsi dari pustakawan ini ialah untuk memustakakan bagi yang ingin mencari bahan di berbagai instansi ataupun perguruan tinggi, sampai sekolah. Agar bisa membagi sebuah wadah untuk mempermudah mencari suatu buku melalui buku, arsip, ataupun data yang disimpan dari bentuk media lain.”  Selain itu juga disampaikan oleh Kepala Dinas bahwa uji kompetensi pustakawan sudah lama ingin digelar, agar tingkat profesionalisme seorang pustakawan semakin baik dan minat dalam menjadi pustakawan semakin banyak.

Sharing :    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
5 Online
162 Visitor Today
206 Visitor Yesterday
247098 All Visitor
924651 Total Hits
34.224.33.93 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Sekretariat dan Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00