Tiga Kabupaten dari Provinsi Sumatera Barat Mendapatkan Bantuan dari Perpustakaan Nasional

Padang, 20 Juni 2019 Perpustakaan Nasional RI bekerjasama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat mengadakan Bimbingan Teknis Strategi Pengembangan Perpustakaan dan TIK untuk Layanan Perpustakaan Tranformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Adapun pesertanya dari pengelola pustaka 16  Nagari yang akan mendapatkan bantuan dari Perpustakaan Nasional RI yaitu dari Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Solok Selatan dan Rumah Pustaka Balega Padang, Pengelola Pustaka dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat.

Dalam Hal ini Perpustakaan Nasional selaku pembina perpustakaan secara nasional telah mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat/nasional dimana program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial menjadi prioritas nasional untuk mendukung percepatan pengentasan kemiskinan dan meningkatkan kesejateraan masyarakat pedesaan. Sehingga pada tahun 2019 ini Provinsi Sumatera Barat dapat bantuan untuk  3 kabupaten yaitu  Kabupaten Solok Selatan sebanyak 5 nagari, Kabupaten Agam sebanyak 6 nagari dan Kabupaten Tanah Datar sebanyak 5 nagari. Bantuan yang diberikan ke 16 Nagari tersebut berupa sarana perpustakaan dan Bimbingan Teknis dalam pengelolaan perpustakaan.

Pada Kesempatan ini Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Wardarusmen mengucapkan terima kasih atas perhatian dari Perpustakaan Nasional RI kepada Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. selain itu juga dalam Bimbingan Teknis ini Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan RI, Drs. Woro Titi Haryati, MA menyampaikan bahwa Keberadaan Perpustakaan Nagari sangat dibutuhkan dengan beragam buku bacaan yang bermanfaat bagi masyarakat, petani, usaha industri rumah tangga, pelajar dan mahsiswa, tentunya kita berharap agar pengelola perpustakaan di tingkat nagari supaya melakukan dan melengkapi buku bacaan di pustaka supaya menhubungi kantor Dinas KEarsipand an Perpustakaan Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Peserta Bimbingan Teknis Kabupaten Agam (Nagari Sungai Pua, Lubuk Basung, Koto Tangah, Padang Tarok, dan Manggopoh), Kabupaten Solok Selatan (Nagari Bidar Alam, Sungai Kunyit Barat, Lubuk Malako, Alam Pauh Duo, Pakan Rabaa) dan Tanah Datar (Nagari Sumanik, Situmbuk, Salimpaung, Balimbing dan Minangkabau).  

 

Sharing :    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
3 Online
291 Visitor Today
301 Visitor Yesterday
253335 All Visitor
941935 Total Hits
18.189.180.244 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Sekretariat dan Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00