Pustakawan Harus Kreatif dan Berinovasi

Pustakwan harus kreatitif dan mampu berinovasi dalam menjalankan peran dan tugas dilingkungan masing-masing. Jika mereka kreatif maka visi dan misi sebuah perpustakaan bisa terwujud. "Pustakawan adalah pekerjaan mulia, karena tugasnya mengelola perpustakaan dan mampu mengajak orang jadi cerdas dengan membaca" kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumbar, Wardarusmen, usai pembukaan pemilihan pustakawan berprestasi terbaik tingkat provinsi Sumbar Rabu (12/6) di Padang.

Menurutnya pustakwan harus bekerja secara profesional, tak hanya semata mengejar jabatan fungsiona, menginat tugas seorang pustakawan ke depannya kian berat. "Saya optimis peserta pustakwan berprestasi tiungkat provinsi tahun ini, bisa bersaing dengan pustakwan dari provinsi lain "katanya.

Di Sumbar, pustakwan mempunyai keterbatasan waktu hingga mereka tidak fokus dalam mengelola perpustakaan. "Meski kondisinya demikian, kami terus mendorong para pustakawan Sumbar agar bisa menjadi juara tingkat nasional. Sebab orang Sumbar dari dulu terkenal dengan ide kreatif dan briliant," katanya, Sementara, pemilihan pustakawan tersebut diikuti lebih dari 40 yang berasal dari Kabupaten/Kota se-Sumbar.

Mereka akan mengikuti ujian tertulis, dari jumlah peserta akan mengerucut menjadi 10 peserta untuk ikut serta wawancara, kemudian peserta mengerucut jadi enam orang, kemudian akan mencari juara 1. sang juara akan ikut pemilihan pustakawan tingkat nasional. Namun sebelumnya dia akan ikut coaching. agar bisa tampil sempurna di depan juri tingkat nasional. Sedangkan juri tingkat Sumbar didatangkan dari Ikatan Pustaka Indonesia Sumbar, Pengurus Dewan Perpustakaan Sumbar dan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumbar.

 

Sharing :    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
5 Online
298 Visitor Today
347 Visitor Yesterday
272781 All Visitor
1000715 Total Hits
34.204.198.73 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Sekretariat dan Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00