SINERGITAS KEGIATAN KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN TAHUN 2021 DAN 2022

Padang, 8 April 2021, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat melakukan rapat kerja antara OPD yang melaksanakan urusan kearsipan dan perpustakaan provinsi dengan kabupaten/kota untuk sinergitas kegiatan tahun 2021 dan 2022 serta sinergitas arah kebijakan pembangunan khusus urusan kearsipan dan perpustakaan.

Peserta yang menghadiri kegiatan ini adalah para Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupate/Kota se-Sumatera Barat beserta Sekretaris dan Kepala Bagian Perencanaan/Program.

Rapat kerja ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Wardarusmen, SE, MM dimana dalam sambutannya menyampaikan bahwa harapan dari rapat kerja ini adalah indek pembangunan literasi masyarakat Sumatera Barat tinggi dan pelaksanaan arsip sesuai dengan kaidah kearsipan.

11 rekomendasi dari hasil yang didapat dari rapat kerja ini yaitu

  1. Perlu sinergitas program dan kegiatan urusan kearsipan dan perpustakaan secara nasional, provinsi dan kabupaten/kota,
  2. Perlu sinergitas dan kerjasama berbagasi unsur (pemerintah, swasta dan masyarakat) dengan cara komunikasi dan koordinasi baik pada tingkat perencanaan dan implementasi, untuk mendukung visi dan misi organisasi kearsipan dan perpustakaan
  3. Meningkatkan pengembangan Budaya Literasi di tingkat keluarga, sekolah dan masyarakat untuk menyelamatkan dan mengembangkan budaya lokal dan nasional dalam membangun identitas bangsa.
  4. Meningkatkan Indeks Kegemaran Membaca Masyarakat dan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat
  5. Mengusulkan literasi sebagai salah satu indikator IPM (Indeks Pembangunan Manusia)
  6. Menjadikan nilai kearsipan daerah sebagai salah satu indikator Indeks Reformasi Birokrasi
  7. Mempertahankan dan meningkatkan eksistensi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan melalui dukungan dari Perpusnas dan ANRI
  8. Mendukung sepenuhnya program Perpusnas terhadap nilai tingkat KJegemaran Membaca Masyarakat tahun 2022 sebesar 63,30 dan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat sebesar 13
  9. Perlu dukungan dan komitmen Kepala Daerah dalam penyediaan anggaran urusan kearsipan dan urusan perpustakaan
  10. Perlu dukungan Lembaga Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten/Kota dalam pembinaan kearsipan dan perpustakaan sekolah tingkat SLTA
  11. Forum OPD akan diupayakan setiap tahunnya dengan pembiayaan pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat yang dilaksanakan secara bergiliran di Kabupaten/Kota dan untuk pelaksanaan tahun 2022 ditetapkan di Kota Bukittinggi. 

 Hasil rekomendasi diwakili untuk ditandatangani oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung (Drs. Darlias), Kepala Dinas Perpustakaan dan KEarsipan Kota Bukittinggi (Drs. Johnni) dan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kepulauan Mentawai (Drs. Paulinus Sabelp).     

Sharing is Sexy:    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
1 Online
28 Visitor Today
78 Visitor Yesterday
67198 All Visitor
274940 Total Hits
3.238.173.209 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00