Studi kampus Universitas Adzkia ke Perpustakaan Daerah Provinsi

Hari ini sabtu tanggal 26 Maret 2022, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat mendapat kunjungan belajar dari Universitas Adzkia Padang sebanyak 100 orang mahasiswa jurusan PGSD yang didampingi oleh Dosen Pembimbing Bapak Dr. Jendriadi, M.Pd. kunjungan ini diterima oleh sub koordinator layanan Perpustakaan dan sub koordinator Otomasi Perpustakaan.

Ternyata ada satu hal yang sama antara kunjungan anak-anak dengan kunjungan mahasiswa saat ditanya tentang kebiasaan membaca, jawaban mereka hampir sama dimana lebih banyak waktu untuk bermain dengan gadget dari pada waktu untuk membaca buku. Tidak bisa kita pungkiri dengan tantangan dan kemajuan teknologi saat ini juga membuat cara pandang dan kebiasaan membaca masyarakat bergeser dari manual ke versi digital. Untuk menyiasati ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi telah melayankan koleksi dalam bentuk digital yang bisa diakses melalui adroid masing-masing yaitu isumbarmambaco.  Tentang pemanfaatan aplikasinya dijelaskan secara detail oleh sub Koordinator otomasi perpustakan Rudi Yasman. Bagaimana cara mengaksesnya, bagaimana sistem peminjaman dan berapa lama waktu yang diberikan untuk bisa membaca koleksi tersebut.

Pihak kampus juga sangat Bahagia karena rektor mereka Bapak Irwan Prayitno mempunyai korner khusus di Perpustakaan daerah Provinsi. Korner ini tercipta sebagai bentuk apresisasi kepada beliau karena merupakan kepala daerah dengan karya tulis terbanyak baik dalam bentuk buku, kaset maupun artikel. 

Kunjungan mahasiswa Adzkia ini dalam rangka mencari koleksi tentang sastra dengan mata kuliah “Teori dan Apresiasi Sastra”.  Saat kunjungan ini para pustakawan yang bertugas di hari Sabtu membantu para mahasiswa agar bisa menemukan koleksi yang mereka butuhkan dengan memanfaatkan sarana penelusuran koleksi secara online (OPAC) sehingga mereka dapat dengan mudah mencari koleksi yang dibutuhkan. Semua bahan yang dicari sesuai dengan tugas yang diberikan kepada mereka dapat ditemukan di Perpustakaan. Melalui kunjungan perdana ini pihak perpustakaan juga mengajak semua mahasiswa untuk terus dan selalu memanfaatkan koleksi yang terdapat di Perpustakaan ini secara gratis tentu saja dengan menjadi anggota perpustakaan terlebih dahulu agar bisa menafatakan koleksinya untuk dipinjam dan dibawa pulang.

Di akhir kunjungannya Dr. Jendriadi, M.Hum menyatakan sangat senang dengan sambutan yang hangat dari pihak perpustakaan dan suasana yang nyaman. Beliau berharap kedepannya mahasiswa dapat melanjutkan kegiatan dan kunjungan di Perpustakaan seperti belajar kelompok, diskusi ilmiah dll... (Yelvi.Pustakawan.DAP)

Sharing :    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
4 Online
71 Visitor Today
129 Visitor Yesterday
251837 All Visitor
938943 Total Hits
3.238.235.248 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Sekretariat dan Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00