NONTON BARENG JEJAK TURKI UTSMANI DI NUSANTARA

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat bekerjasama dengan komunitas Muda Literat, Sahabat Erdogan, Komunitas Cambia Food Indonesia mengadakan nonton bareng (nobar) "Jejak Turki Usmani di Nusantara" yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 9 Maret 2020 di Lantai 1 Layanan Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumbar.

Inti dari nobar ialah mengingat kembali sejarah hubungan turki dan indonesia Peran dan Hubungan Turki Utsmani dengan Nusantara (dulu hingga kini)

Dalam catatan manuskrip yang terdapat dalam buku Turki Utsmani – Indonesia relasi dan korepondesi berdasarkan dokumen Turki Utsmani yang diterbitkan oleh Hitay Holding 2017

Menjelaskan adanya korespondensi antara konsulat Turki di Batavia pada tahun 1889 tentang pengiriman pelajar jawa kepada kekaisaran Turki Utsmani di Istanbul. Dijelaskan status pelajar tersebut merupakan pelajar muslim untuk mengikuti jenjang Pendidikan Menengah – Tinggi terbaik di Turki terdapat hampir 20 pelajar yang dikirim notebene adalah para pelajar yang kebanyakan dikirim oleh organisasi Jamiat Kheir yang didirikan akhir abad 19 dan diakui secara resmi pada tahun 1901 oleh pemerintah hindia belanda di Batavia.

Sharing :    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
5 Online
188 Visitor Today
217 Visitor Yesterday
252931 All Visitor
941156 Total Hits
3.142.195.24 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Sekretariat dan Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00