Tim Akreditasi Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat menilai Pustaka Nagari Sulit Air Kabupaten Solok Selatan

AROSUKA, HARIANHALUAN.COM - Keberadaan Perpustakaan Nagari Sulit Air Kec X Koto Diatas Kab. Solok sebagai sarana dalam mencerdaskan masyarakat di nagari, mulai dilirik banyak pihak. Salah satunya terlihat dari Kehadiran tim akreditasi perpustakaan Sumatera Barat di Sulit Air, Senin (13/5).

Tim yang dipimpin oleh Sosy Findra, S.Kom beranggota 5 orang dan dua diantaranya dari UIN Imam Bonjol Padang serta dua Dinas Pustaka dan Arsip Kabupaten Solok. Kedatangan Tim Akreditasi ini disambut oleh pengelola Pustaka Nagari Sulit Air Epidafi Narti, S.Pd serta Wali Nagari Hj. Alex Suryani, S.Pd dan tokoh masyarakat Sulit Air lainnya.

Kepada tim akreditasi, pengelola Pustaka Nagari Sulit Air Epidarfi Narti, S.Pd membentangkan tentang sejarah berdirinya perpustakaan nagari Sulit Air yang dimulai sejak 2013 silam, dimasa wali nagari Mustari Rahmat. Namun dalam perjalanannya kegiatan perpustakaan sempat vakum beberapa tahun dan baru digerakkan kembali tahun 2016 oleh wali nagari Hj. Alex Suryani, S.Pd dengan memanfaatkan kantor KAN Sulit Air.

"Hidupnya kembali perpustakaan ini selain didukung oleh Wali Nagari juga tidak terlepas dari dorongan oleh Tokoh dan Perantau Sulit Air alah satunya Prof. Yurnalis Uddin," terag Epidarfi Narti.

Berkat peran perantau, koleksi buku perpustakaan nagari ini terus bertambah sehingga juga menambah minat masyarakat untuk berkunjung dan memanfaatkan perpustakaan ini. Prestasi pun mulai diraih oleh perpustakaan ini, salah satunya juara 1 lomba baca cerita tingkat Kabupaten Solok. Selain itu, perpustakaan nagari Sulit Air merupakan yang kedua di SK kan keberadaannya oleh Bupati Solok.

Sedangkan pengelolaanya meliputi perpustakaan keliling, membina ibu-ibu rumah rumah tangga bekerjasama dengan PKK, serta melatih skill komputer bagi masyarakat dengan memanfaatkan komputer yang diperoleh dari Perpus Seru. "Saat ini perpustakaan nagari Sulit Air memiliki koleksi buku sebanyak 3.000 eksemplar lebih, dengan judul buku lebih dari 1.000 judul," jelasnya.

Searah dengan itu, Wali Nagari Sulit Air Hj. Alex Suryani menyebutkan keberadaan Perpustakaan Nagari ini tidak terlepas dari perantau dan tokoh Sulit Air yang memiliki kepedulian tinggi pada nagari diantaranya Prof. Yurnalis Uddin yang selain memberikan sumbangan buku, juga menjadi donatur insentif pengelola pustaka, kemudian ada Habdullah Salim penulis nasional asal Sulit Air.

"Yang tak kalah pentingnya adalah peran perantau yang tergabung dalam SAS di setiap cabang yang tersebar diseluruh nusantara. Anggota SAS ingin masyarakat kampungnya juga maju dalam berfikir, dengan ilmu pengetahuan yang cukup melalui buku-buku di perpustakaan," ujar Hj. Alex Suryani.

Terkait itu, Ketua Tim Penilai Akreditasi Sosy Findra, S.Kom mengatakan secara umum perpustakaan nagari Sulit Air sudah cukup bagus baik dari pengelolaan, kegiatan maupun koleksi bukunya. Tinggal lagi mengoptimalkan ajakan membaca kepada masyarakat agar perpustakaan nagari maupun perpustakaan keliling ini bisa dinikmati dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

Lantaran itu, puhaknya menyarankan agar kapasitas gedung perpustakaan diperluas, agar bisa menampung banyak buku dan pengunjung. Selain itu juga perlu ditingkatkan SDM pengelola dengan ilmu perpustakaan agar pelayanan dan pengelolaan menjadi lebih profesional dan pencatatan aset menggunakan komputer maupun pelayanan Iklosi Sosial.

Sosy Findra berharap besarnya dukungan dari SAS dapat membuat perpustakaan nagari Sulit Air menjadi percontohan di Sumatera Barat. Karena semakin maju perpustakaan maka akan semakin besar pula perannya dalam melahirkan generasi berilmu dan tokoh-tokoh intelektual dari nagari. "Potensi perantau berperan besar dalam memajukan pustaka ini ke depan. Ini harus dimaksimalkan," ucapnya.

sumber dari https://www.harianhaluan.com/mobile/detailberita/73945/pustaka-nagari-sulit-air-dinilai-tim-provinsi

Sharing :    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
7 Online
294 Visitor Today
347 Visitor Yesterday
272777 All Visitor
1000652 Total Hits
34.204.198.73 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Sekretariat dan Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00