Hari Kunjung Perpustakaan Tingkat Sumatera Barat, Tahun 2021: Terus Tingkat Kemampuan Diri

Puncak peringatan Hari Kunjung Perpustakaan Tingkat Sumatera Barat, Tahun 2021, ditandai dengan penyerahan hadiah berbagai lomba dan pemberian motivasi kepada terkait kreativitas dan motivasi dalam pengembangan perpustakaan dan minat baca, di aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Selasa, 14 September 2021.
Ada empat lomba yang diadakan,  Lomba Perpustakaan Sekolah, Pustakawan Berprestasi Terbaik,  Perpustakaan Umum Tingkat Sumbar dan Lomba Bertutur Bagi Siswi SD/MI Tingkat Sumbar. 
Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Prov Sumbar, Wardarusmen SE, MM berharap,  capaian yang sudah dicapai dari lomba kali ini, hendaknya lebih ditingkatkan lagi, sehingga hari-hari mendatang, semuanya bisa semakin lebih baik.
“Jangan berbenah saat lomba saja, tetapi terus tingkatkan kemampuan diri setelah lomba,” katanya dihadapan pemenang lomba, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan se-Sumbar, Pustakawan dan Pegiat Literasi lainnya.
Secara spesifik Wardarusmen menyebutkan, perpustakaan sekolah harus dimanfaatkan secara utuh oleh sekolah. Sisi pemanfaatannya harus benar-benar dirasakan dan komitmen pemberdayaannya mesti jelas dan pasti.
Dalam waktu dekat, akan dibentuk tim asesor untuk melakukan evaluasi terhadap perpustakaan yang sudah mendapatkan akreditasi. Evaluasi bertahap dilakukan untuk menilai kesinambungan, sehingga jika tidak bisa mempertahankan diri, maka nilai akreditasinya akan diturunkan.
Khusus pustakawan, kata Wardarusmen, peran dan kehadirannya sangat penting. Pustakawan merupakan ujung tombak dari aktivitas di perpustakaan. 
Pada kesempatan tersebut, General Manager dan Pemimpin Redaksi Harian Umum Rakyat Sumbar Firdaus Abie  memberikan motivasi terkait Kreativitas dan Motivasi dalam Pengembangan  Perpustakaan dan Minat Baca, serta Tetap Produktif Disaat Pandemi.
Kata Firdaus Abie, saat ini sangat banyak dan berat tantangan yang harus dihadapi perpustakaan. Salah satu di antaranya, milenial lebih cenderung membaca dari android atau secara online dibandingkan datang ke perpustakaan.
“Pengelola perpustakaan harus   berani keluar dari kebiasaan yang selama ini terjadi,” katanya mengajak. *

Selain itu juga dalam rangka Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca tanggal 14 September menghadirkan anak-anak dari TK Adhiyaksa beserta guru untuk mendengarkan dongeng dari Kak Ob dan Kak Citra dengan puncak penyerahan souvenir bagi 5 orang pemustaka dari 5 kategori yaitu 

  1. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk Ibrahim Hanif Al Bahri
  2. Sekolah Dasar (SD) untuk Afiq Alvaro
  3. Mahasiswa untuk Athalla Salsabila Rusdi
  4. Karyawan untuk Fadrizali
  5. Umum untuk Syawaluddin

Sharing :    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
2 Online
222 Visitor Today
266 Visitor Yesterday
251389 All Visitor
937143 Total Hits
3.145.94.251 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Sekretariat dan Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00