Monitoring Implementasi E-Arsip Terintegrasi

Padang (5/05/2021), Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat menerima kunjungan Tim dari Arsip Nasional Republik Indonesia dalam rangka Monitoring Implementasi E-arsip Terintegrasi. Tim terdiri dari Koordinator Kelompok Substansi Daerah II (Majuni Susi, S.Sos) dan Arsiparis MAdya (Sutiasni, S.Ap, M.Hum).

Kesempatan ini tim diterima oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Wardarusmen, SE, MM beserta Kepala Bidang Kearsipan,Kiswati, SS, MAP dan Kepala Bidang Pembinaan,Sosy Pindra, S.Kom.

Dalam kegiatan ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat juga mengundang Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat untuk mendapatkan informasi tentang Implementasi E-arsip Terintegrasi dari Arsip Nasional Republik Indonesia.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Wardarusmen menyatakan bahwa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini serta adanya penyelenggaraan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) maka perlu ada suatu aplikasi di bidang kearsipan, untuk itu perlu kiranya kita memahami dalam menerapkan aplikasi SRIKANDI yaitu Sistem informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi.

Koordinator Kelompok Substansi Daerah II, Majuni Susi menyampaikan bahwa untuk dapat menerapkan aplikasi SRIKANDI ini perlu baik Provinsi dan Kabupaten/Kota menyediakan 4 (empat) pilar penyelenggara kearsipan yaitu Tata Naskah Dinas, Klasifikasi Arsip, Jadwal Retensi Arsip (JRA) dan Sistem Klasifikasi Keamanan Akses Arsip Dinamis (SKKAAD).

Dalam ini perlu disiapkan untuk penyelenggara aplikasi dimaksud, jika Kabupaten/Kota sudah siap dengan 4 pilar dimaksud maka nantinya Arsip Nasional akan mengadakan bintek untuk penyelenggaraan aplikasi SRIKANDI dan direncanakan pada bulan Juni 2021 akan diadakan Rakor secara Nasional penyelenggaraan aplikasi SRIKANDI ini di Bali bagi Provinsi dan Kabupaten/Kota yang sudah selesai 4 pilar dimaksud.

Setelah rakor nantinya Arsip Nasional akan mengadakan Bintek bagi Provinsi, Kabupaten/Kota di daerah mereka masing masing.

Dalam kegiatan acara ini dilaksanakan di Aula Gedung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat Jalan Pramuka V No. 2  yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kearsipan se-Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat beserta Kepala Bidang dan Arsiparis.

    

Sharing is Sexy:    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
3 Online
46 Visitor Today
125 Visitor Yesterday
73831 All Visitor
299194 Total Hits
35.170.64.36 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jalan Diponegoro No.4 Padang (Perpustakaan Provinsi) dan Jalan Pramuka V No. 2 Khatib Sulaiman Padang (Kearsipan)

Tel : (0751) 7051348
Mail : dapprovsumbar@gmail.com
Business Hours : 7:30 - 15:00