Sumbar Terima Sertifikat Sawahlunto Heritage UNESCO

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan tujuh kabupaten/kota yang masuk dalam jalur pertambangan batubara Ombilin menerima sertifikat dari Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO atas ditetapkannya 'Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto' menjadi warisan dunia, Selasa (29/10). Penyerahan Sertifikat tersebut disaksikan langsung oleh Sekretaris Utama Arsip Nasional RI (ANRI), Sumrahyadi, mewakili ANRI sebagai lembaga kearsipan nasional.

Sebelum diserahkan, Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Arief Rahman, Gubernur Sumbar dan tujuh kepala daerah kabupaten/kota yang terlibat menandatangani sertifikat duplikasi. Sementara sertifikat asli warisan dunia UNESCO Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto sendiri disimpan di Arsip Nasional Republik Indonesia.

Arief Rahman, Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO menyatakan, pengurusan Pertambangan Batubara Ombilin menjadi warisan dunia selama tujuh tahun bukanlah perjalanan yang singkat.

"Sertifikat atau dokumen ini sudah ditandatangani oleh Direktur Jenderal UNESCO tanggal 10 Juli 2019 pada sidang ke-43 Komite Warisan Dunia UNESCO PBB di Pusat Kongres Baku, Azerbaijan," kata Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Arief Rahman dalam kegiatan penyerahan sertifikat kepada pemerintah daerah di Auditorium Kantor Gubernur Sumbar, di Padang.

Disampaikannya, Pertambangan Batu Bara Ombilin atau Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto menjadi warisan dunia UNESCO karena dinilai unggul dalam dua kategori, yaitu nilai universal luar biasa untuk pertukaran informasi dan teknologi lokal dengan teknologi Eropa di jaman penjajahan. Nilai kedua sebagai contoh luar biasa dari tipe bangunan, karya arsitektur dan kombinasi teknologi atau lanskap yang menggambarkan tahapan penting dalam sejarah manusia.

Sementara tujuh daerah yang masuk dalam jalur warisan budaya Tambang Batubara Ombilin selain kota Sawahlunto, juga ada Kabupaten Solok, Tanah Datar, Padang Pariaman, Kota Padang Panjang, Solok, dan Padang.

Sharing is Sexy:    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
2 Online
35 Visitor Today
220 Visitor Yesterday
19974 All Visitor
102460 Total Hits
35.172.195.49 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jln. Diponegoro No.4 Padang

Tel : (0751) 7052725
Mail : dap@sumbarprov.go.id
Business Hours : 7:30 - 15:00