Antar Buku ke Rumah, Saoklaweh ke Nasional

Nagari Saoklaweh Kabupaten Solok dinilai tim penilai nasional setelah terpilih mewakili Sumbar pada Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Nasional tahun 2018, Tim Penilai Tingkat Nasional terdiri dari T. Syamsul Bahrul dan Ahmad Adli Harahap, kemarin datang ke Saoklaweh didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumbar, Alwis.

Prestasi tersebut tidak terlepas dari program buku masuk rumah yang digerakkan Yayasan Gemar Membaca Indonesia (YAGEMI). Yagemi menjalin kerjasama dengan Pemkab Solok melalui program Gemar Membaca dan mendapatkan bantuan buku 1.000 eksemplar yang disumbangkan PT. Taspen tahun 2016.

Pengelola Perpustakaan Nagari Saoklaweh Edwar Chandra menjelaskan bantuan buku disalurkan ke rumah - rumah penduduk oleh kader dan relawan agar dapat dibaca. "Teknis distribusi buku tersebut dimasukkan dalam kantong plastik sebanyak 5 eksemplar, terdiri dari satu untuk ibu-ibu dan 3 untuk anak-anak", jelasnya.

Setelah 15 hari buku tersebut dijemput relawan ke rumah dan diganti dengan buku baru."Tahun 2018 gerakan gemar membaca dengan sistem tersebut telah bisa dinikmati empat jorong di Saoklaweh dan kader relawan sudah bertambah 9 orang", tambahnya.

Sementara itu, Sekkab Solok Aswirman merasa bangga dengan terpilihnya Nagari Saoklaweh yang berhasilk mewakili Sumbar pada lomba ini. Olkeh karena itu, dirinya berterimakasih kepada tim penilai tingkat provinsi.

Sebelumnya, Pemkab Solok pada 12 September 2017 telah mendapatkan penghargaan Nugra Jasa Darma Pustaloka dari Perpustakaan Nasional RI.


Üntuk tahun ini kami lanjutkan dengan program Gerakan Nagari Membaca yang dijadikan Pilot Project sebanyak 10 Nagari di Kabupaten Solo", katanya

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumbar Alwis berharap Kabupaten Solok menjadi pemenang dan menjadi perpustakaan yang maju di Sumbar.

Perpustakaan merupakan pusat infromasi sehingga masyarakat yang mencari informasi bisa datang ke perpustakaan,üjarnya.

Sumber : Harian Padang Ekspres, 17 Juli 2017

Sharing is Sexy:    
  About

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah instansi Pembina Perpustakaan dan Kearsipan di daerah ini.

  Statistik Pengunjung
1 Online
32 Visitor Today
58 Visitor Yesterday
3305 All Visitor
45358 Total Hits
54.146.206.127 Your IP address

  Contact Us
  Alamat :

Jln. Raden Saleh No. 8A Padang

Tel : (0751) 7052725
Mail : dishut@sumbarprov.go.id
Business Hours : 7:30 - 15:00