Detail Berita

Image

Jumat, 20 Oktober 2017, di Kyriad Hotel Bumi Minang Padang. Pemda Provinsi Sumbar melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan memberikan penghargaan anugerah literasi diantaranya 

1. Kategori Media Elektronik diberikan kepada Padang TV, ;

2. Kategori Media Cetak diberikan kepada Padang Ekspres, Rita Gusveniza

3. Kategori Penerbit diberikan kepada Editor Kabarita Gusriyono

4. Kategori Perorangan diberikan kepada Deddy Muharman Reporter Rakyat Sumbar dan  Muhammad Subhan, redaktur Rakyat Sumbar (group Padang Ekspres)'

Selain itu juga diberikan apresiasi kepada Pustawakan terbaik yang diraih oleh Kota Solok, Kabupaten Solok, dan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. selain itu juga diberikan kepada Perpustakaan "Mutiara" Kelurahan Silaing Atas, Raisha (Pemenang Lomba Bercerita SD Tingkat Provinsi Sumbar 2017).

"Penghargaan ini diberikan oleh Gubernur Sumatera Barat diserahkan oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumbar dalam rangka perkembangan dunia literasi. Setelah diluncurkan pada bulan Februari lalu gerakan Sumbar Membaca, Pemprov memotivasi para pegiat literasi di semua lini. Gerakan ini tentu butuh dukungan Kabupaten/Kota, ujar Alwis

Saat ini pihaknya mencari cara terbaik dalam meningkatkan gerakan membaca dengan memfungsikan perpustakaan sebagai gudang ilmu hingga ke nagari-nagari. "Tanpa peran pers, geliat literasi Sumbar tidak akan bergeming."ungkapnya.

Sebelum membuka rakor perpustakaan dan penyerahan penghargaan Sekda Provinsi Sumbar, Ali Asmar mengatakan literasi tidak saja menyoal masalah karya dan aktivitas menulis biasa. Namun, lebih pada bagaimana budaya menulis itu dibarengi berpikir baik. "sehingga, literasi sumbar lebih berkaulitas, literasi mengajak kita berpikir cerdas", imbuhnya.

Menurutnya Pemprov Sumbar komit dan sangat mendukung kegiatan literasi yang sudah dicanangkan hampir setahun ini."Dengan rajin membaca dan memahami, kita akan terhindar dari informasi bohong alias hoax," katanya.

Dia berharap Dinas Kearsipan dan Perpustakaan terus mendorong gerakan Sumbar Membaca, "Sasaran dan ajakan gemar baca ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan SDM generasi muda, Kabupaten dan Kota harus serius dan konsisten mendukung", kata Ali Asamar.


Cari Berita!

Navigation

Social Media